dc.description.abstract | Pada saat ini dunia di kejutkan datangnya wabah penyakit corona, karena terjadinya pandemi Covid-19 membuat pembelajaran terjadi hambatan, namun dengan adanya kebijakan dari pemerintah dalam mengambil kebijakan pembelajaran daring karena surat edaran tentang covid-19, menteri pendidikandan kebudayaan sekolah mulai menerapkan pembelajaran secara online, agar pembelajaran berjalan dengan sediakala, namun dengan adanya pemebelajaran secara online guru harus bisa mengunakan media apa yang bisa di gunakan agar siwa mudah untuk pembelajaran luring maupun daring. Pada masa pandemi saat ini pemeblajaran berbasis komputer dan internet menjadi media yang sering di manfaatkan oleh para pendidik digunakan dalam proses pembelajaran salah satunya media berbasis literai digital. Literai digital dapat dilakukan di manapun dan apapun, tidak hanya di lakukan di lingkup sekolah namun juga dapat dilakukan diluar sekolah sehingga dapat dijadikan media pendukung dalam proes pemeblajaran.
Fokus penelitian yang peneliti bahas meliputi, 1.) Bagaimana konsep literasi digital bagi siwa kelas 6 SD Islam Bani Hasyim Singosari Malang, 2.) Bagaimana implementasi literasi digital bagi siswa kelas 6 SD Islam Bani Hasyim Singosari Malang, 3.) Apa faktor penghambat dan pendukung implementasi literasi digital bagi siswa kelas 6 SD Islam Bani Hasyim Singosari Malang.
Berdasarkan fokus penelitian tersebut, maka tujuan dari peneliti adalah,
1.) Mendeskripsikan bagaimana konsep literasi digital bagi siswa kelas 6 SD Islam Bani Hasyim Singosari Malang, 2.) Mendeskripsikan implementasi literai digital bagi siswa kelas 6 SD Islam Bani Hasyim Singosari Malang, 3.) Mendeskripsikan faktor penghambat dan pendukung implementasi literasi digital bagi siswa kelas 6 SD Islam Bani Hasyim Singosari Malang.
Penelitian ini bertujuan agar bisa mengetahui konsep literasi digital dalam pemeblajaran berbasis (pembelajaran Luring) dan (pembelajaran Daring) di sekolah SD Islam Bani Hasyim Singosari terkhusus bagi siswa kelas 6, sebagai upaya untuk meningktkan kualitas seorang siswa. Penelitian ini adalah kualitatif deskriptif atau penelitian yang akan menggambarkan sebuah Literasi digital di dalam suatu pembelajaran di Sekolah Dasar (SD) untuk meningkatkan kualitas siswa dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian bahwa literai digital di lakukan pada sekolah dasar dapat meningkatkan dalam segi membaca maupun menulis . penelitian ini diperkuat dengan program yang di laksanakan oleh pemerintah serta dilakukan secara menyeluruh oleh pihak sekolah agar siswa lebih mudah memilih dan memilah sebuah informasi dari teknologi. Adapun literasi digital dengan penggunaan media sosial di seolah perlu sekali di edukasikan untuk memperketat agar siswa biasa tahu mana yang di lakuakn dan mana yang di
tinggaalkan dengan mengunakan dengan seperlunya. Waktu mengontrol di lakukan pihak sekolah, berkoordinasi dengan orang tua siswa.
Kata Kunci : Implementasi, Literasi Digital, Pembelajaran Online. | en_US |