Show simple item record

dc.contributor.authorWijayanti, Sukmay
dc.date.accessioned2022-08-01T04:16:05Z
dc.date.available2022-08-01T04:16:05Z
dc.date.issued2022-05-28
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/4499
dc.description.abstractPenelitian ini dilatarbelakangi oleh pelaksanaan pembelajaran PAI yang sering kali hanya menggunakan metode konvensional seperti ceramah sehingga terkesan membosankan. Hal tersebut dapat menjadikan siswa kurang minat dalam mengikuti pembelajaran sehingga hasil belajar siswa kurang maksimal. Maka dari itu perlu adanya bantuan media pembelajaran yang dapat membantu mewujudkan pembelajaran aktif dan inovatif untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa. Salah satu media pembelajaran yang dirasa dapat membantu proses pembelajaran menjadi aktif dan inovatif adalah aplikasi Quizizz. Aplikasi Quizizz merupakan salah satu aplikasi yang digunakan sebagai media pembelajaran yang dapat mewujudkan proses pembelajaran interaktif. Karena dalam penggunaannya siswa dapat secara langsung mengerjakan kuis bersama teman yang lain dan mereka dapat langsung mengetahui nilai yang mereka peroleh. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis aplikasi Quizizz terhadap minat belajar siswa, dan mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis aplikasi Quizizz terhadap hasil belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen semu atau quasi eskperimental. Populasi yang digunakan adalah siswa kelas X dengan jumlah 850 siswa. Sampel penelitian sebanyak 60 siswa yang terdiri dari 30 siswa kelas eksperimen dan 30 siswa kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah paired sample t test dengan bantuan SPSS versi 24 for windows. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat diketahui: 1) Terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran interaktif Quizizz terhadap minat belajar siswa yang dapat dilihat melalui hasil uji hipotesis, yang mana pada uji hipotesis didapatkan nilai signifikansi sebesar 0,025 ≤ 0,05. 2) Terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran interaktif Quizizz terhadap minat belajar siswa yang dapat dilihat melalui hasil uji hipotesis, yang mana pada uji hipotesis didapatkan nilai signifikansi sebesar 0,000 ≤ 0,05. Hasil penelitian ini dapat menjadi bahan referensi bagi peneliti selanjutnya dalam melakukan penelitian seberhubungan dengan variabel penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis aplikasi Quizizz terhadap minat dan hasil belajar siswa. Kata Kunci: Media Pembelajaran Interaktif Quizizz, Minat Belajar, Hasil Belajar.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectPendidikan Agama Islamen_US
dc.subjectMedia Pembelajaran Interaktif Quizizzen_US
dc.subjectMinat Belajaren_US
dc.subjectHasil Belajaren_US
dc.titlePengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Aplikasi Quizizz dalam Pembelajaran PAI terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa Kelas X di SMK Negeri 4 Malangen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record