dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gender, kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual terhadap sikap etis mahasiswa akuntansi baik secara simultan maupun secara parsial. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa akuntansi tahun angkatan 2018 dari tiga perguruan tinggi negeri dan swasta di Malang yaitu, Universitas Islam Malang, Politeknik Negeri Malang dan Universitas Negeri Malang. Penelitian ini tergolong penelitian kuantitatif serta metode pengumpulan datanya menggunakan metode survei yaitu dengan menyebarkan kuesioner kepada 250 responden yang ditetapkan sebagai sampelnya. Dalam penentuan sampelnya, peneliti menggunakan teknik purposive sampling dengan menggunakan rumus slovin. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah menggunakan uji regresi linier berganda, serta uji yang digunakan yaitu uji statistik deskriptif, uji instrumen, uji normalitas, uji asumsi klasik dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan gender, kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual berpengaruh secara signifikan terhadap sikap etis mahasiswa akuntansi. Secara parsial gender, kecerdasan intelektual, dan kecerdasan spiritual berpengaruh secara signifikan terhadap sikap etis mahasiswa akuntansi, namun kecerdasan emosional tidak berpengaruh secara signifikan terhadap sikap etis mahasiswa akuntansi.
Kata Kunci: Gender, Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, dan Sikap Etis. | en_US |