Show simple item record

dc.contributor.authorFaizah, Wahdah Nur
dc.date.accessioned2022-08-01T04:49:29Z
dc.date.available2022-08-01T04:49:29Z
dc.date.issued2022-07-14
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/4513
dc.description.abstractTugas seorang pendidik adalah menjadikan pelajaran yang awalnya tidak menarik menjadi lebih menarik. Apabila peran pendidik dapat dijalankan secara optimal kearah pembelajaran yang aktif, efektif, inovatif, dan kreatif maka tujuan pembelajaran akan tercapai. Melihat realita yang ada di MA Nurul Huda Ranuyoso masih banyak siswa yang kurang memahami bagaimana cara berdiskusi berfikir kritis dengan baik, hal ini dibuktikan pada saat siswa diberi kesempatan untuk bertanya atau mengutarakan pendapatnya hanya ada beberapa siswa yang mengajukan pertanyaan. Maka dari itu perlu adanya model pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan materi pelajaran fikih yaitu menggunakan model pembelajaran Discovery Learning. Dalam penelitian ini difokuskan pada tiga fokus masalah yaitu: (1) Bagimana Perencanaan model pembelajaran Discovery Learning pelajaran fikih di MA Nurul Huda Ranuyoso? (2) Bagaimana pelaksanaan model pembelajaran Discovery Learning pelajaran fikih di MA Nurul Huda Ranuyoso? (3) Bagaimana hasil dari pelaksanaan model Pembelajaran Discovery Learning pelajaran fikih di MA Nurul Huda Ranuyoso?. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan model pembelajaran Discovery Learning pelajaran fikih, mengetahui dan mendeskripsikan pelaksanaan model pembelajaran Discovery Learning pelajaran fikih, dan mengetahui hasil dari pelaksanaan model pembelajaran Discovery Learning pelajaran fikih. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini adalah studi kasus. Studi kasus adalah suatu rangkaian kegiatan yang dilakukan secara intensif, terinci, dan mendalam tentang suatu program, peristiwa, dan aktivitas baik pada tingkat perorangan, kelompok, lembaga tentang peristiwa tersebut. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara secara mendalam, observasi dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan teknik analisis data deskriptif yaitu dengan pengumpulan data, kondensasi data, dan kesimpulan atau verifikasi. Sedangkan teknik pengecekan keabsahan data menggunakan drajat kepercayaan, antara lain dilakukan wawancara lebih mendalam, memperpanjang pengamatan, diskusi ahli, diskusi teman sejawat, dan triangulasi. Hasil dari penelitian yang dilakukan oleh peneliti diantaranya yaitu : pertama,perencanaan model Discovery Learning pelajaran fikih yaitu diawali dengan menyusun RPP yang mengacu pada silabus dan sintak model Pembelajaran Discovery Learning pada setiap awal semester. Kedua,Pelaksanaan model Pembelajaran Discovery Learning pelajaran fikih yaitu dengan memberikan stimulus dan pertanyaan tentang materi fikih, kemudian guru membimbing siswanya untuk berfikir secara mendalam, mengumpukan data sebanyak mungkin, setelah itu melakukan pengolahan data dan menguji kebenarannya. Ketiga, hasil dari pelaksanaan model pembelajaran Discovery Learning pelajaran fikih yaitu dengan guru memberikan penilaian autentik yang menilai kemampuan siswa dalam segi pengetahuan, sikap dan kreatif siswa dalam pelajaran fikih. Kata Kunci : Model Pembelajaran, Discovery Learning, Pelajaran Fikihen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectPendidikan Agama Islamen_US
dc.subjectModel Pembelajaranen_US
dc.subjectDiscovery Learningen_US
dc.subjectPelajaran Fikihen_US
dc.titlePenerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Pelajaran Fikih di Madrasah Aliyah Nurul Huda Ranuyoso Lumajangen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record