Implementasi Media Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Berbasis Media Audio Visual di MTs Hasyim Asy’ari Kota Batu

Show simple item record

dc.contributor.author Pradani, Ersa Aprilia
dc.date.accessioned 2022-08-01T04:52:31Z
dc.date.available 2022-08-01T04:52:31Z
dc.date.issued 2022-05-21
dc.identifier.uri http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/4516
dc.description.abstract Media pembelajaran berbasis audio visual adalah media pembelajaran yang terlihat, dapat didengar, juga dapat digunakan untuk menyampaikan pesan atau juga materi pelajaran secara lebih rinci dan jelas, dari pembelajaran yang ditampilkan pada media audio visual dapat didengar serta dilihat, pembelajaran dengan menggunakan media audio visual adalah suatu bentuk penyampaian materi dengan menggunakan mesin atau perangkat mekanik dan elektronik untuk menampilkan atau menyajikan audio dan visual massage. Kemudian yang dimaksud dengan pelaksanaan adalah pemberian fasilitas untuk melaksanakan sesuatu yang mempunyai dampak tertentu, atau secara sederhana pelaksanaan. Penelitian ini dilakukan di salah satu pendidikan Madrasah Tsanawiyah di Kota Batu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi media audio visual dalam proses pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam berbasis media audio visual di MTs Hasyim Asy'ari Kota Batu, juga untuk mengetahui bagaimana model pembelajaran pada saat proses pembelajaran. terjadi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Ada tiga teknik pengumpulan data dalam penelitian ini, yaitu: 1) Observasi, 2) Wawancara, 3) Dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII tahun pelajaran 2021/2022. Dapat disimpulkan dari data yang diperoleh peneliti yaitu selama proses pembelajaran terlihat siswa lebih mudah memahami materi yang diajarkan, lebih antusias dalam proses pembelajaran, dan model pembelajaran yang digunakan oleh siswa kelas VIII. Guru SKI merupakan model pembelajaran langsung dan kooperatif. Pertama, model pembelajaran langsung dimana guru menjelaskan video pembelajaran di kelas secara langsung, kemudian menjelaskan isi materi. Model kedua adalah model pembelajaran kooperatif, dimana guru membentuk kelompok-kelompok kecil kemudian guru memberikan tugas, kemudian mempresentasikannya di depan kelas. Kata Kunci: Implementasi, Media Audio Visual, Sejarah Kebudayaan Islam. en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Universitas Islam Malang en_US
dc.subject Pendidikan Agama Islam en_US
dc.subject Implementasi en_US
dc.subject Media Audio Visual en_US
dc.subject Sejarah Kebudayaan Islam en_US
dc.title Implementasi Media Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Berbasis Media Audio Visual di MTs Hasyim Asy’ari Kota Batu en_US
dc.type Other en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Kolom Pencarian


Browse

My Account