Show simple item record

dc.contributor.authorAshari, Ria Dwi Rahmawati
dc.date.accessioned2022-08-01T04:56:14Z
dc.date.available2022-08-01T04:56:14Z
dc.date.issued2022-06-17
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/4520
dc.description.abstractPembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Multikultural merupakan suntikan pengetahuan dalam menyikapi kehidupan masyarakat yang majmuk. Pembelajaran PAI Multikultural menanamkan nilai-nilai sosial masyarakat yang dikenal dengan nilai multikultural diantaranya: ta’aruf, tawassuth, tasamuh, ta’awun dan ta’wazun. Nilai-nilai PAI Multikultural perlu ditanamkan sejak dini dan perlu dikembangkan dibangku pendidikan. Perguruan tinggi atau yang sering disebut kampus merupakan bentuk dari miniatur hidup sosial ditengah warga kampus dengan latar belakang yang beragam. Terjadinya kesenjangan sosial dan konflik dilatar belakangi dengan adanya perbedaan pendapat dan pola pikir. PAI Multikultural merupakan pembelajaran yang membawa dampak baik untuk mahasiswa dari beragam daerah yang hidup dalam satu naungan payung lembaga. Melihat kehidupan mahasiswa yang sering beradu argument dengan mengedepankan emosional, merasa paling berhak dan paling benar sehingga sering terjadinya konflik hingga berakhir adu kekerasan antar mahasiwa. Selain itu, masih sering terjadi diskriminasi warna kulit dikalangan mahasisa berkulit putih dengan mahasiswa berkulit hitam dan adanya circle pertemanan yang toxic sehingga timbul sikap kurang peduli kepada pihak selain golongan atau circlenya. Menyikapi hal ini perlunya memupuk kembali sikap toleransi mahasiswa dengan adanya pembelajaran PAI Multikultural sebagai wadah dalam memberikan stimulus terkait keberagaman untuk menumbuhkan sikap toleransi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui proses pembelajaran PAI Multikultural, sikap toleransi mahasiswa program studi PAI dan pengaruh pembelajaran PAI Multikultural terhadap sikap toleransi mahasiswa program studi PAI Universitas Islam Malang. Penelitian ini menggunakan metode angket yang disebarkan kepada 60 sample mahasiswa program studi PAI Universitas Islam Malang dan metode wawancara kepada dosen pengampu mata kuliah PAI Multikultural. Berdasarkan hasil uji r menggunakan rumus product moment analisis koefisien determinasi (R Square) dengan program SPSS for windows terdapat pengaruh variabel bebas yaitu pembelajaran PAI Multikultural (X) terhadap variabel terikat sikap toleransi mahasiswa program studi PAI (Y) sebesar (57,76%). Menunjukkan bahwa adanya pengaruh yang cukup kuat pembelajaran PAI Multikultural terhadap sikap toleransi mahasiswa program studi PAI sebesar 57,7%. Adanya pengaruh siginifikansi pembelajaran PAI Multikultural terhadap sikap toleransi mahasiwa program studi PAI Universitas Islam Malang dengan dibuktikan hasil pengujian hipotesis data menggunakan uji t diperoleh t-hitung sebesar 8,9116 > 0,254 t-tabel. Dibuktikan juga dengan nilai signifikansi yang diperoleh dari hasil output data dengan program SPSS for windows untuk kedua variabel sebesar 0,000 < 0,05 dengan diketahui jika nilai signifikansi < 0,05 maka, variabel berpengaruh. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengajuan hipotesis dalam penelitian ini menolak Ho dan menerima Ha yaitu pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Multikultural mempengaruhi sikap toleransi mahasiswa program studi PAI Universitas Islam Malang. Kata Kunci : Pengaruh, Pembelajaran PAI Multikultural, Sikap Toleransien_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectPendidikan Agama Islamen_US
dc.subjectPengaruhen_US
dc.subjectPembelajaran PAI Multikulturalen_US
dc.subjectSikap Toleransien_US
dc.titlePengaruh Pembelajaran PAI Multikultural terhadap Sikap Toleransi Mahasiswa Program Studi PAI Universitas Islam Malangen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record