Show simple item record

dc.contributor.authorShobirina, Sholiya Wilda
dc.date.accessioned2022-08-01T05:41:16Z
dc.date.available2022-08-01T05:41:16Z
dc.date.issued2022-07-11
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/4554
dc.description.abstractPendidikan merupakan suatu usaha untuk meningkatkan diri dalam segala aspeknya. Setiap peserta didik mempunyai keunikannya masing-masing, dengan karakter yang berbeda-beda. Kegiatan pendidikan mencakup pendidikan formal maupun non formal serta informal. Madrasah merupakan salah satu aspek pendidikan yang mempelajari ilmu umum maupun ilmu agama. Madrasah memerlukan penunjang agar dapat meningkaatkan kemapuan peserta didik dalam membaca Al-Qur’an. Harapannya peserta didik di jenjang Madrasah mampu membaca Al-Qur’an sesuai dengan kaidah ilmu tajwidnya dengan fasih dan benar. Oleh sebab itu, Madrasah Ibtidaiyah Al-Fatimah Bojonegoro menggunakan metode Thoriqoty untuk implementasi pembelajaran membaca Al-Qur’an. Berdasarkan hal tersebut peneliti tertarik untuk melakukan penelitian ini. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui perencanaan dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an di Madrasah Ibtidaiyah Al-Fatimah kota Bojonegoro (2) Untuk mendiskripsikan penerapan metode Thoriqoty dalam pembelajaran mengaji di Madrasah Ibtidaiyah Al-fatimah kota Bojonegoro (3) Untuk mengetahui evaluasi dari pembelajaran membaca Al-Qur’an dengan menggunakan metode Thoriqoty di Madrasah Ibtidaiyah Al-Fatimah kota Bojonegoro. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Dan hasil data yang diperoleh merupakan hasil dari data deskriptif, yakni berupa kata-kata, gambaran dan bukan termasuk angka-angka. Sumber data sekaligus informan adalah kepala Sekolah, serta pihak-pihak yang terkait dalam penelitian ini. Dalam pengumpulan data, penliti menggunakan beberapa tekhnik yakni melalui, observasi, interview serta dokumentasi. Sedangkan dalam menganalisa datanya, peneliti menggunakan tekhnik pengumpulan data, reduksi data, penyajian data. Untuk pengecekan keabsahan data peneliti menggunakan perpanjangan keikutsertaan, serta Triangulasi dengan menggunakan Triangulasi sumber dan Triangulasi metode. Adapun hasil dari penelitian ini Penerapan yang dilakukan berjalan seperti halnya yang tertera pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Selain itu persiapan materi serta buku Thoriqoty harus dipersiapkan. Kemudian penerapan yang dilakukan ketika pembelajaran menggunakan dua tekhnik, yakni tekhnik klasikal murni, dan tekhnik klasikal baca simak, individual. Sedangkan evaluasi yang digunakan menggunakan sorogan (peserta didik diminta guru maju kedepan kelas untuk membaca jilidnya) dan diadakannya PTS (praktek Tengah Semester) tiap semesternya. Kata Kunci: Implemetasi Pembelajaran, Membaca Al-Qur’an, Metode Thoriqotyen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectPendidikan Agama Islamen_US
dc.subjectPendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyahen_US
dc.subjectImplemetasi Pembelajaranen_US
dc.subjectMembaca Al-Qur’anen_US
dc.subjectMetode Thoriqotyen_US
dc.titleImplementasi Pembelajaran Membaca Al-Qur’an Melalui Metode Thoriqoty di Sekolah MI Plus Al-Fatimah Kota Bojonegoroen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record