Hubungan Pola Asuh Orang Tua terhadap Perkembangan Moral Anak Usia Dini di Era Digital

Show simple item record

dc.contributor.author Rahmawati, Indah Dwi
dc.date.accessioned 2022-08-01T06:01:49Z
dc.date.available 2022-08-01T06:01:49Z
dc.date.issued 2022-07-07
dc.identifier.uri http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/4567
dc.description.abstract Adanya perkembangan teknologi yang semakin hari semakin berkembang dapat menyebabkan terjadinya perubahan nilai, norma, aturan, dan moral kehidupan yang dianut masyarakat, atau yang disebut dengan degradasi moral. Segala platform media dapat diakses oleh semua kalangan, mulai dari orang dewasa hingga anak usia dini. Pendidikan moral perlu dikenalkan kepada anak sejak usia dini sebagai upaya pembentukan generasi yang kokoh secara spiritual dan santun dalam hal moral. pola asuh atau parenting style adalah salah satu faktor yang secara signifikan turut membentuk moral atau karakter anak. Hal ini didasari bahwa pendidikan keluarga merupakan pendidikan utama dan pertama bagi anak yang tidak bisa digantikan oleh lembaga pendidikan manapun. Akan tetapi yang terjadi pada saat ini justru kebanyakan orang tua belum menerapkan pola asuh yang baik bagi anaknya sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan anak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perkembangan moral anak usia dini di era digital. Serta mendeskripsikan hubungan pola asuh orang tua terhadap perkembangan moral anak usia dini di era digital. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah korelasional. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 57 orang tua siswa yang terdiri dari kelas A dengan jumlah 32 orang tua dan kelas B dengan jumlah 25 orang tua. Analisis data yang digunakan peneliti dalam penelitian ini yaitu menggunakan empat analisis data yang terdiri dari uji instrumen, uji prasyarat, uji analisis regresi linier sederhana, dan uji hipotesis. Alat analisis yang digunakan adalah analisis dengan SPSS 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata perkembangan moral anak usia dini di era digital memiliki nilai rata-rata 2,60 dengan nilai minimal sebesar 2 dan nilai maksimum 3 dan diperoleh standar deviasi 0,495. Dengan demikian maka para responden menyetujui pernyataan yang dibuat oleh peneliti mengenai perubahan psikisnya, perilaku yang baik serta perilaku yang buruk. Hasil analisis regresi linear sederhana menunjukkan nilai signifikansi Sig adalah 0,002 < 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara pola asuh orang tua (X) dengan perkembangan moral anak (Y). Sedangkan hasil uji hipotesis dapat diketahui dari uji simultan bahwa pola asuh orang tua ada hubungan terhadap perkembangan moral anak. Selanjutnya diketahui dari hasil uji parsial bahwa pola asuh orang tua berhubungan terhadap perkembangan moral anak. Kata Kunci: Pola Asuh Orang Tua, Perkembangan Moral Anak en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Universitas Islam Malang en_US
dc.subject Pendidikan Agama Islam en_US
dc.subject Pendidikan Guru Raudhatul Athfal en_US
dc.subject Pendidikan Islam Anak Usia Dini en_US
dc.subject Pola Asuh Orang Tua en_US
dc.subject Perkembangan Moral Anak en_US
dc.title Hubungan Pola Asuh Orang Tua terhadap Perkembangan Moral Anak Usia Dini di Era Digital en_US
dc.type Other en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Kolom Pencarian


Browse

My Account