View Item 
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Islamic Studies
  • UT - Raudhatul Athfal Teacher Education
  • View Item
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Islamic Studies
  • UT - Raudhatul Athfal Teacher Education
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Hubungan Pola Asuh Orang Tua terhadap Perkembangan Moral Anak Usia Dini di Era Digital

Thumbnail
View/Open
Publish (2.105Mb)
Fulltext (2.919Mb)
Date
2022-07-07
Author
Rahmawati, Indah Dwi
Metadata
Show full item record
Abstract
Adanya perkembangan teknologi yang semakin hari semakin berkembang dapat menyebabkan terjadinya perubahan nilai, norma, aturan, dan moral kehidupan yang dianut masyarakat, atau yang disebut dengan degradasi moral. Segala platform media dapat diakses oleh semua kalangan, mulai dari orang dewasa hingga anak usia dini. Pendidikan moral perlu dikenalkan kepada anak sejak usia dini sebagai upaya pembentukan generasi yang kokoh secara spiritual dan santun dalam hal moral. pola asuh atau parenting style adalah salah satu faktor yang secara signifikan turut membentuk moral atau karakter anak. Hal ini didasari bahwa pendidikan keluarga merupakan pendidikan utama dan pertama bagi anak yang tidak bisa digantikan oleh lembaga pendidikan manapun. Akan tetapi yang terjadi pada saat ini justru kebanyakan orang tua belum menerapkan pola asuh yang baik bagi anaknya sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan anak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perkembangan moral anak usia dini di era digital. Serta mendeskripsikan hubungan pola asuh orang tua terhadap perkembangan moral anak usia dini di era digital. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah korelasional. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 57 orang tua siswa yang terdiri dari kelas A dengan jumlah 32 orang tua dan kelas B dengan jumlah 25 orang tua. Analisis data yang digunakan peneliti dalam penelitian ini yaitu menggunakan empat analisis data yang terdiri dari uji instrumen, uji prasyarat, uji analisis regresi linier sederhana, dan uji hipotesis. Alat analisis yang digunakan adalah analisis dengan SPSS 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata perkembangan moral anak usia dini di era digital memiliki nilai rata-rata 2,60 dengan nilai minimal sebesar 2 dan nilai maksimum 3 dan diperoleh standar deviasi 0,495. Dengan demikian maka para responden menyetujui pernyataan yang dibuat oleh peneliti mengenai perubahan psikisnya, perilaku yang baik serta perilaku yang buruk. Hasil analisis regresi linear sederhana menunjukkan nilai signifikansi Sig adalah 0,002 < 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara pola asuh orang tua (X) dengan perkembangan moral anak (Y). Sedangkan hasil uji hipotesis dapat diketahui dari uji simultan bahwa pola asuh orang tua ada hubungan terhadap perkembangan moral anak. Selanjutnya diketahui dari hasil uji parsial bahwa pola asuh orang tua berhubungan terhadap perkembangan moral anak. Kata Kunci: Pola Asuh Orang Tua, Perkembangan Moral Anak
URI
http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/4567
Collections
  • UT - Raudhatul Athfal Teacher Education

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group
 

 

Browse

All of CategoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group