Show simple item record

dc.contributor.authorIstiqomah, Mawidhotul
dc.date.accessioned2022-08-01T06:05:41Z
dc.date.available2022-08-01T06:05:41Z
dc.date.issued2022-06-28
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/4569
dc.description.abstractPerkembangan motorik anak berkaitan dengan kemampuan dalam menggerakkan tubuh secara sebagian/keseluruhan. Anak dapat mengontrol geraknya melalui bermain, sehingga kegiatan bermain dalam mengembangkan fisik motorik anak sangat perlu diperhatikan. Salah satu cara menstimulus fisik motorik khususnya motorik kasar dengan bermain sirkuit. Permainan sirkuit bongkar pasang merupakan permainan sirkuit yang mudah dibongkar dan dipasang, yang memiliki beberapa pos permainan, yang mana setiap pos memiliki jenis permainan yang berbeda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sirkuit bongkar pasang terhadap fisik motorik anak kelompok A di RA Taufiqiyah Kecamatan Ngajum Kabupaten Malang. Berdasarkan observasi awal, bahwasannya perkembangan fisik motorik kelompok A di RA Taufiqiyah belum berkembang secara seimbang, sehingga perlu adanya stimulus. Faktor lain yang menyebabkan ialah ruangan yang sempit/kurang luas, APE yang kurang memadahi, sehingga pada penelitian ini menggunakan media sirkuit bongkar pasang. Dari latar belakang penelitian diatas, maka peneliti merumuskan masalah, yakni bagaimana profil perkembangan fisik motorik kelompok A, dan bagaimana pengaruh sirkuit bongkar pasang terhadap fisik motorik kelompok A di RA Taufiqiyah. Sehingga metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain one group pretest-posttest dengan jenis penelitian kuantitatif. Subjek penelitian ini melibatkan 16 siswa kelompok A RA Taufiqiyah. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, tes, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan uji validitas, uji realibilitas, uji normalitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh sirkuit bongkar pasang terhadap fisik motorik anak kelompok A di RA Taufiqiyah. Hal ini dibuktikan dengan uji hipotesis yaitu uji t dan uji f. Hasil uji t diketahui bahwa nilai sig 0,00 < 0,05, maka terdapat pengaruh signifikan variabel X terhadap variabel Y. Dan uji f diketahui bahwa nilai sig 0,00 < 0,05 atau 27,965 > 2,42, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan terhadap variabel X secara simultan terhadap variabel Y, maka hasil yang diperoleh adalah Ha diterima dan Ho ditolak. Hal tersebut memberikan implikasi bahwa permainan sirkuit bongkar pasang berpengaruh secara signifikan dalam menstimulus motorik kasar anak. Kata Kunci : Sirkuit Bongkar Pasang, Fisik Motorik, Anak Usia Dinien_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectPendidikan Agama Islamen_US
dc.subjectPendidikan Guru Raudhatul Athfalen_US
dc.subjectPendidikan Islam Anak Usia Dinien_US
dc.subjectSirkuit Bongkar Pasangen_US
dc.subjectFisik Motoriken_US
dc.subjectAnak Usia Dinien_US
dc.titlePengaruh Sirkuit Bongkar Pasang terhadap Fisik Motorik Anak Kelompok A di RA TaufiqiyahKecamatan Ngajum Kabupaten Malangen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record