Show simple item record

dc.contributor.authorFarouk, Muhammad Fajri
dc.date.accessioned2022-08-01T06:14:15Z
dc.date.available2022-08-01T06:14:15Z
dc.date.issued2022-07-20
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/4575
dc.description.abstractPendidikan merupakan kebutuhan pokok manusia dalam menjalani kehidupannya di era globalisasi dan berguna untuk mengembangkan potensi diri. Pendidikan merupakan bagian penting dari proses pembangunan nasional. Semua warga sekolah yang terlibat dalam pengembangan karakter ini pada hakikatnya adalah usaha membangun karakter peserta didik. Pembagunan karakter siswa ini dapat dilakukan dengan peningkatan disiplin dalam lingkungan sekolah. Siswa dalam mengikuti kegiatan belajar di sekolah tidak terlepas dari aturan dan tata tertib yang di perlukuan di sekolahnya. Setiap siswa di tuntut agar dapat berperilaku sesuai dengan aturan dan tata tertib di sekolah di sebut disiplin siswa. Sedangkan peraturan, tata teritib dan berbagai ketentuan lainya yang mengatur perilaku siswa disebut displin sekolah. Guru mempunyai peranan yang sangat penting dalam penerapan ke di siplinan siswa di sekolah guru merupakan sosok yang menjadi panutan bagi siswa, guru perlu mencermati kebutuhan ataupun kepentingan peserta didik dalam menanamkan disiplin. Misalnya, seorang siswa terlambat datang ke sekolah disebabkan telat bangun tidur dikarnakan bergadang. Jadi dengan di ketahuinya sumber gangguan disiplin maka akan di ketahui pula cara penanggulangannya Dalam peningkatan kedisiplinan siswa diperlukan adanya kreativitas Guru sebagai salah satu penunjang kedisiplinan siswa disekolah. Penelitian ini dilakukan guna mengetahui ciri kedisiplinan siswa di SMA Islam Nusantara Malang dan kreativitas guru dalam pembentukan kedisiplinan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk mendiskripsikan ciri kedisiplinan siswa di SMA Islam Nusantara Malang. (2) mendiskripsikan kreativitas guru dalam pembentukan kedisiplinan siswa di SMA Islam Nusantara Malang. Untuk mencapai tujuan diatas dalam Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Adapun dalam pengambilan data menggunkan wawancara dan angket yang selanjutnya dianalisis secara kualitatif dan dijabarkan dalam bentuk deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) tingkat kedisiplinan siswa di Sekolah SMA Islam Nusantara Malang sudah baik, hal ini dapat dilihat dari ciri-ciri kedisiplinan dalam masalah waktu masuk sekolah, mengikuti proses belajar mengajar, serta memiliki ahlak yang baik, dan dapat mengikuti peraturan yang ada dilingkungan sekolah serta pulang tepat waktu. Hasil penelitian menunjukkan tingkat kedisiplinan Siswa 95%. (2) bentuk kreativitas guru dalam kedisiplinan siswa dilakukan dengan berbagai hukuman atau sanksi yang bersifat medidik. Kata kunci : Kreativitas, Guru, Kedisiplinan Siswa SMA Islam Nusantara Malangen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectPendidikan Agama Islamen_US
dc.subjectKreativitasen_US
dc.subjectGuruen_US
dc.subjectKedisiplinan Siswa SMA Islam Nusantara Malangen_US
dc.titleKreativitas Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembentukan Karakter Disiplin Siswa di Sekolah SMA Islam Nusantara Malangen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record