Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Google Classroom pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Wahid Hasyim Malang

Show simple item record

dc.contributor.author Muslih, M.
dc.date.accessioned 2022-08-01T06:17:00Z
dc.date.available 2022-08-01T06:17:00Z
dc.date.issued 2022-07-15
dc.identifier.uri http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/4577
dc.description.abstract Media Pembelajaran merupakan alat yang digunakan sebagai perantara dalam menyalurkan informasi/pesan pengetahuan seputar pembelajaran kepada peserta didik. Google Classroom adalah salahsatu media pembelajaran berbasis online yang dapat dijadikan sebagai evaluasi pembelajaran berupa media interaktif yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran di kelas maupun di luar kelas. Google Classroom merupakan media alternatif yang digunakan guru PAI di SMP Wahid Hasyim Malang pada saat kegiatan belajar mengajar guna untuk meminimalisir proses pembelajaran daring yang terkesan monoton. Berdasarkan observasi awal, peneliti merumuskan fokus penelitian yaitu tentang bagaimana perencanaan media pembelajaran berbasis Google Classroom pada mata pelajaran PAI di SMP Wahid Hasyim Malang, bagaimana pelaksanaan media pembelajaran berbasis Google Classroom pada mata pelajaran PAI di SMP Wahid Hasyim Malang dan bagaimana evaluasi dalam penggunaan media pembelajaran berbasis Google Classroom pada mata pelajaran PAI di SMP Wahid Hasyim Malang. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan perencanaan media pembelajaran berbasis Google Classroom pada mata pelajaran PAI di SMP Wahid Hasyim Malang, mendeskripsikan pelaksanaan media pembelajaran berbasis Google Classroom pada mata pelajaran PAI di SMP Wahid Hasyim Malang dan mendeskripsikan evaluasi dalam penggunaan media pembelajaran berbasis Google Classroom di SMP Wahid Hasyim Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif yaitu berlandaskan atas fenomena dengan menggunakan jenis penelitian Studi kasus di SMP Wahid Hasyim Malang, maka dari itu penelitian ini diharapkan mampu mengungkapkan berbagai informasi yang terjadi di lapangan yang didukung dengan data-data yang telah diperoleh. Sehingga peneliti dapat menganalisis dan kemudian dapat disimpulkan sebagai hasil akhir dari penelitian. Kehadiran peneliti di lokasi penelitian memiliki pengaruh penting untuk memperoleh suatu informasi atau data dengan sedetail mungkin. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder yang dijadikan rujukan untuk pengambilan data dalam penelitian ini. Untuk mendapatkan data yang dapat dipertanggung jawabkan maka teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis dalam penelitian ini dilakukan melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sehingga peneliti lebih mudah untuk menemukan hasil dari penelitian ini. Sedangkan untuk pengecekan keabsahan temuan, peneliti menggunakan perpanjangan pengamatan, triangulasi dan diskusi teman sejawat. Berdasarkan hasil temuan penelitian yang telah dilakukan, maka peneliti dapat mengambil kesimpulan tentang perencanaan untuk seorang guru mempersiapkan perencanaan pembelajaran dengan membuat RPP satu lembar sesuai dengan kebijakan pemerintah. Di dalam RPP telah direncanakan dan dipersiapkan mengenai materi yang akan diajarkan seperti strategi dan metode yang akan diterapkan, sumber pembelajaran yang akan dipakai, media dan metode yang akan diterapkan, sumber pembelajaran. Pembelajaran yang akan dipakai dan media pembelajaran yang akan digunakan. Adapun dari pelaksanaan yaitu pembelajaran dilaksanakan dengan melalui tiga tahapan yaitu kegiatan pendahuluan, inti pembelajaran dan kegiatan penutup. Dari temuan peneliti, proses pembelajaran menggunakan media pembelajaran Google Classroom berjalan cukup baik. Banyak siswa yang tertarik dengan tampilan atau yang disajikan oleh guru bervariatif sehingga motivasi belajar siswa meningkat dan yang terakhir evaluasi pembelajaran dapat mendorong guru dan siswa untuk memaksimalkan proses pembelajaran dan tercapainya nilai KKM untuk siswa. Kata Kunci : Media Pembelajaran, Google Classroom, Pendidikan Agama Islam en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Universitas Islam Malang en_US
dc.subject Pendidikan Agama Islam en_US
dc.subject Media Pembelajaran en_US
dc.subject Google Classroom en_US
dc.title Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Google Classroom pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Wahid Hasyim Malang en_US
dc.type Other en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Kolom Pencarian


Browse

My Account