dc.description.abstract | Kepemimpinan kepala madrasah diartikan sebagai model atau macam-macam kepemimpinan kepala madrasah yang sesuai dengan situasi dalam rangka mempengaruhi, mengarahkan, membimbing kepada bawahan dengan cara memperkuat keyakinan, dukungan, dorongan dan kerjasama dalam rangka mencapai sasaran dan tujuan lembaga pendidikan. Pengembangan suatu lembaga pendidikan bergantung kepada kualitas kepala madrasah sebagai pemimpin pendidikan karena faktor yang sangat penting dalam proses pendidikan adalah lembaga pendidikan yang berkualitas, maka dengan lembaga pendidikan yang berkualitas secara otomatis akan dapat mencetak generasi yang berkualitas pula.
Berdasarkan latar belakang di atas, maka permasalahan yang timbul adalah (1) Bagaimana konsep pendidikan islam kaitannya dengan kepemimpinan Kepala Madrasah dalam pengembangan lembaga pendidikan islam di MA Darul Faizin Assalafiyah. (2) Bagaimana kualitas kepemimpinan Kepala Madrasah dalam pengembangan lembaga pendidikan Islam di MA Darul Faizin Assalafiyah. (3) apakah uasaha-usaha kepemimpinan Kepala Madrasah dalam pengembangan lembaga pendidikan Islam di MA Darul Faizin Assalafiyah. (4) Apakah faktor pendukung dan penghambat kepemimpinan Kepala Madrasah dalam pengembangan lembaga pendidikan Islam di MA Darul Faizin Assalafiyah. Adapun tujuannya adalah (1) Untuk mendeskripsikan konsep pendidikan islam kaitannya dengan kepemimpinan Kepala Madrasah dalam pengembangan lembaga pendidikan islam di MA Darul Faizin Assalafiyah. (2) untuk mendeskripsikan kualitas kepemimpinan Kepala Madrasah dalam mengembangkan lembaga pendidikan Islam di MA Darul Faizin Assalafiyah. (3) untuk mendeskripsikan usaha-usaha kepemimpinan Kepala Madrasah dalam pengembangan lembaga pendidikan Islam di MA Darul Faizin Assalafiyah. (4) untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat kepemimpinan Kepala Madrasah dalam pengembangan lembaga pendidikan Islam di MA Darul Faizin Assalafiyah.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kualitas kepemimpinan Kepala Madrasah di MA Darul Faizin Assalafiyah Mojowarno Jombang diantaranya mempunyai tanggung jawab yang kuat seperti mengakui kekurangan dan kesalahan dalam segala aktifitasnya sebagai kepala madrasah, mengikutsertakan seminar dan penataran yang berada di luar sekolah serta mempunyai keberanian dalam mengambil keputusan. Dan usaha-usahanya yaitu dengan mengembangkan kurikulum, SDM, sarana prasarana dan peran serta masyarakat. Adapun faktor pendukungnya adalah sarana prasarana yang menunjang, guru dengan adanya kebersamaan dalam pengelolaan kurikulum dan proses belajar mengajar. Disamping itu sebagai faktor penghambatnya adalah masalah guru, dana, kemampuan dan jiwa psikologis siswa yang berbeda-beda serta peran serta masyarakat yang masih rendah.
Kata Kunci: Kepemimpinan Kepala Madrasah, Pengembangan Lembaga Pendidikan Islam. | en_US |