Show simple item record

dc.contributor.authorUtamimah, Zulfa Syamsu Diana
dc.date.accessioned2022-08-02T01:43:37Z
dc.date.available2022-08-02T01:43:37Z
dc.date.issued2022-06-10
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/4599
dc.description.abstractWabah virus corona yang menyebar keseluruh Negara termasuk Indonesia menyebabkan pendidikan harus mengurangi kontak langsung dan menghindari kerumunan. Oleh karena itu pemerintah Indonesia menerapkan pembelajaran secara daring yaitu pembelajaran yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi. Pembelajaran daring dirasa sangat membosankan bagi siswa sebab pembelajaran yang hanya berdiam diri didepan laptop atau handphone serta aktivitas yang terbatas, namun pendidikan harus tetap berjalan demi tujuan pendidikan nasional. Terutama pendidikan agama islam yang harus beradaptasi dengan keadaan. Yang mana guru pendidikan agama islam dituntut untuk berinovasi dalam mengupayakan pembelajaran agar dapat menarik perhatian siswa. Hal ini menjadikan guru PAI mempunyai fungsi yang sangat penting dan dituntut untuk profesional agar dapat menyampaikan materi pembelajaran dengan baik, efektif dan efesien sehingga siswa mengerti dan memahami materi yang disampaikan oleh guru. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan perencanaan yang dilakukan oleh guru PAI dalam meningkatkan minat belajar siswa pada pembelajaran daring kelas XI di SMA Negeri 4 Malang, (2) Mendiskripsikan implementasi yang dilakukan oleh guru PAI dalam meningkatkan minat belajar siswa pada pembelajaran daring kelas XI di SMA Negeri 4 Malang, dan (3) Mendiskripsikan hasil yang dilakukan oleh guru PAI dalam meningkatkan minat belajar siswa pada pembelajaran daring kelas XI di SMA Negeri 4 Malang. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka peneliti dapat mengambil kesimpulan tentang Upaya Guru PAI dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Pembelajaran Daring Kelas XI di SMA Negeri 4 Malang, sebagai berikut: (1) Perencanaan guru PAI di SMA Negeri 4 Malang dalam meningkatkan minat belajar siswa yaitu guru sebagai pengajar yang menyiapkan rencana pelaksanaan pembelajaran yang berisi model atau metode yang akan disampaikan kepada siswa, (2) Implementasi guru PAI dalam meningkatkan minat belajar siswa yaitu guru sebagai pengajar yang menjadi sumber utama guru sebagai pembimbing yang memberikan arahan agar tetap belajar dan kompetensi guru yang dapat membantu guru dala menguasai pembelajaran, (3) Hasil upaya guru PAI dalam meningkatkan minat belajar siswa pada pembelajaran daring kelas XI di SMA Negeri 4 Malang yaitu siswa merasa senang dengan penjelasan materi yang disampaikan guru yang menggunakan model atau metode pembelajaran yang bervariasi, siswa merasa senang dengan pola belajar dengan menciptakan suasana belajar yang berbeda setiap hari, dan siswa memiliki rasa tertarik dengan keteramilan guru yang menyajikan materi dengan media yang beragam. Kata Kunci: Upaya Guru PAI, Minat Belajar, Pembelajaran Daringen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectPendidikan Agama Islamen_US
dc.subjectUpaya Guru PAIen_US
dc.subjectMinat Belajaren_US
dc.subjectPembelajaran Daringen_US
dc.titleUpaya Guru PAI dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Pembelajaran Daring Kelas XI di SMA Negeri 4 Malangen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record