dc.description.abstract | Dalam pembelajaran akidah akhlak terdapat materi-materi yang mengantarkan peserta didik dalam membentuk karakter yang mulia, terutama dalam pembentukan karakter religiusnya. Seperti halnya di MTs Negeri Batu yang meberikan pembiasaan nilai karakter religius kepada peserta didik yang dilakukan setiap harinya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana memberikan pemahaman nilai karakter religius dalam pembelajaran akidah akhlak, untuk mengetahui penanaman nilai karakter religius peserta didik dalam pembelajaran akidah akhlak serta bagaimana penghayatan nilai karakter religius dalam pembelajaran akidah akhlak untuk membentuk sumber daya manusia berkualitas.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif, dengan jenis penelitian yaitu studi kasus. Dalam pengumpulan datanya penulis menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun sumber data primer dari penelitian ini adalah guru akidah akhlak MTs Negeri Batu dan waka kurikulum. Sedangkan untuk data skundernya penulis menggunakan buku-buku yang berkaitan dengan pembinaan akhlak dan dokumen, seperti melalui web. Data analisis dengan kualitatif melalui teknik reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini meliputi, (1) memberikan pemahaman nilai karakter religius dalam pembelajaran akidah akhlak kelas VIII di MTs Negeri Batu yaitu mengacu pada RPP (rencana pelaksanaan pembelajaran) yang digunakan di sekolah, yang meliputi pendahuluan, kegiatan inti, dan penutupan. Adapun metode yang digunakan untuk memberikan pemahaman nilai karakter religius dalam pembelajaran akidah akhlak terhadap peserta didik di MTs Negeri Batu yaitu dengan menggunakan metode ceramah, diskusi, tanya jawab, pembiasaan, keteladanan, kisah al-qur’an dan hadis, dan metode nasehat. (2) penerapan nilai karakter religius dalam pembelajaran akidah akhlak kelas VIII di MTs Negeri Batu yaitu dengan membiasakan melakukan kegiatan struktual dan kegiatan mekanik yaitu kegiatan membudayakan nilai-nilai agama islam. Penghayatan nilai karakter religius dalam pembelajaran akidah akhlak kelas VIII di MTs Negeri Batu dapat dibuktikan melalui evaluasi atau penilain, observasi atau pengamatan yang dilaukan guru di dalam kelas, dan penilaian antar teman.
Kata Kunci : Internalisasi, Nilai Karakter Religius, Pembelajaran Akidah Akhlak | en_US |