dc.description.abstract | Penanaman nilai-nilai islam multikultural pada siswa merupakan Program dalam pendidikan yang sangat penting untuk menumbuhkan sikap toleransi pada diri siswa sehingga siswa mampu untuk menghargai dan menghormati keberagaman yang ada. Penanaman Nilai-nilai islam multikultural memberikan pemahaman kepada siswa bahwa bersikap toleransi tidak hanya diterapkan dalam perbedaan agama atau kebudayaan saja, melainkan bersikap toleransi di tengah keberagaman komunitas Muslim juga sangat penting untuk di terapkan, hal ini dinamakan sebagai multikultural Islam Internal, dikarenakan tumbuhnya Organisasi Masyarakat yang berkembang di antara umat Islam maka sangat penting bagi siswa untuk memahami Nilai-nilai Islam Multikultural.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi yang di lakukan oleh Guru PAI dalam menanamkan nilai-nilai Islam Multikultural siswa di SMP Modern Al-Rifa’ie , dengan tiga fokus penelitian yaitu : Pertama, Bagaimana strategi Guru PAI dalam menanamkan Nilai-nilai islam multikultural siswa di SMP Modern Al-Rifa’ie. Kedua, Bagaimana implementasi nilai-nilai Islam multikultural siswa di SMP Modern AL Rifaie. Ketiga, Apa Faktor pendukung dan penghambat dalam menanamkan nilai-nilai Islam multikultural siswa di SMP Modern Al Rifaie.
Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif deskriptif, dengan jenis studi kasus. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, Wawancara dan dokumentasi. Teknik analisa data dalam penelitian menggunakan tiga tahap yakni : Kondensasi data (Selecting, focusing, Abstracting, Simpliying dan Transforming), Penyajian data, Pengambilan keputusan dan Verifikasi. Data disajikan dalam bentuk deskriptif. Pengecekan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan dua kriteria yakni : Uji Kreadibilitas dan uji Konfirmability.
Kesimpulan pada penelitian ini menunjukkan bahwa strategi yang di lakukan oleh Guru PAI dalam menanamkan nilai-nilai islam multikultural pada siswa SMP Modern Al-Rifa’ie dilakukan secara terorganisir, Kontinu, serta sangat detail, mulai dari pembentukan kelas, kemudian menganalisis keadaaan siswa sebelum memulai pembelajaran, hingga pengambilan model dan metode pembelajaran. Adapun faktor pendukung dari kegiatan ini adalah keselarasan keinginan dari seluruh stakeholder SMP Modern Al-Rifa’ie untuk membentuk siswa yang memiliki sifat toleransi, menhargai dan menghormati perbedaan. Dan faktor penghambatnya adalah keberagaman karakter serta kebiasaan tingkah laku yang dibawa oleh siswa membuat kurangnya kesadaran siswa terhadap pentingnya nilai-nilai islam multikultural.
Kata Kunci : Strategi, Guru PAI, Nilai-nilai Islam, Multikultural | en_US |