Implementasi Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA An-Nur Bululawang

Show simple item record

dc.contributor.author Rajabi, Abdul Hakim
dc.date.accessioned 2022-08-02T02:03:06Z
dc.date.available 2022-08-02T02:03:06Z
dc.date.issued 2022-07-04
dc.identifier.uri http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/4627
dc.description.abstract Pendekatan saintifik adalah suatu pembelajaran yang mendorong siswa lebih mampu dalam mengamati, menanya, mencoba, mengasosiasikan dan mengkomunikasikan. Salah satu ciri dari kurikulum 2013 adalah melakukan proses pembelajaran diarahkan untuk memberdayakansemua potensi yang dimiliki peserta didik agar mereka dapat memiliki pengetahuan yang diharapkan. Permasaalahan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Bagaimana Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA An-Nur Bululawang, (2) Bagaimana Implementasi Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA An-Nur Bululawang (3) Apa Kendala Guru Dalam Mengimplementasikan Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran di SMA An-Nur Bululawang. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, Waka Kurikulum, dan Guru PAI. Metode penelitian menggunakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunujukan bahwa: (1) Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA An-Nur Bululawang berjalan dengan baik dan sudah merujuk pada pembelajaran kurikulum 2013. Sebelum melaksanakan pembelajaran guru menyiapkan perangkat pembelajaran meliputi kalender pendidikan, silabus, promes, prota, rencana pelaksanaan pembelaran (RPP), instrumen penilaian dan media pembelajaran semua itu dipersiapkan guru sebagai acuan dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar di dalam kelas. (2) Implementasi pendekatan saintifik dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA An-Nur BULULAWANG sudah terlaksana sesuai dengan ketentuan kurikulum 2013 namun belum sempurna. Melalui tiga kegiatan pokok pembelajaran meliputi kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Dalam proses pembelajaran memalui beberapa tahapan meliputi: Mengamati, Menanya, Mencoba, Menalar dan Mengkomunikasikan. (3) Dalam mengimplementasikan pendekatan saintifik dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA An-Nur Bululawang guru mendapatkan kendala dalam pelaksanaanya yang meliputi faktor internal dan eksternal. Kata Kunci: Implementasi, Pendekatan Saintifik, Pendidikan Agama Islam en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Universitas Islam Malang en_US
dc.subject Pendidikan Agama Islam en_US
dc.subject Implementasi en_US
dc.subject Pendekatan Saintifik en_US
dc.title Implementasi Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA An-Nur Bululawang en_US
dc.type Other en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Kolom Pencarian


Browse

My Account