Show simple item record

dc.contributor.authorKhoiriyah, Siti
dc.date.accessioned2022-08-02T02:05:14Z
dc.date.available2022-08-02T02:05:14Z
dc.date.issued2022-07-14
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/4630
dc.description.abstractPermasalahan pembentukan karakter tidak henti-hentinya di perbincangkan oleh masyarakat Indonesia dan menjadi salah satu persoalan yang melanda dunia pendidikan saat ini, bahwasanya persoalan karakter ini merupakan persoalan yang penting. Maraknya tindakan dan perilaku siswa yang jauh dari nilai-nilai karakter mulia. Banyak fenomena yang terjadi di masyarakat yang mengindikasi hilangnya nilai-nilai luhur bangsa Indonesia, seperti: kebersamaan, saling toleransi, kejujuran, kesantunan, dan kekeluargaan. Sedangkan di sisi lain timbul berbagai perilaku-perilaku negatif, seperti: pemerkosaan, pacaran, bullying, perzinahan, pencurian penyalahgunaan narkotika dan kekerasan, perilaku-perilaku tersebut semakin menghiasi kehidupan remaja, bahkan para siswa di sekolah-sekolah di Indonesia. Dari latar belakang di atas peneliti dapat mengambil fokus penelitian antara lain: 1) Bagaimana Perencanaan Program Ubudiyah pada siswa di SMA Islam Al Maarif Singosari. 2) Bagaimana Implementasi Program Ubudiyah pada siswa di SMA Islam Al Maarif Singosari. 3) Apa saja hasil Implementasi Program Ubudiyah pada siswa di Sma Islam Al maarif Singosari. Tujuan daripada penelitian adalah 1) Untuk mendeskripsikan dan menganalisis perencanaan program ubudiyah di SMA Islam Al Maarif Singosari. 2) Untuk mendeskripsikan dan menganalisis implementasi program ubudiyah pada siswa di SMA Islam Al Maarif Singosari. 3) Untuk mendeskripsikan dan menganalisis hasil implementasi program ubudiyah di SMA Islam Al Maarif Singosari. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif sedangkan jenis penelitian menggunakan studi kasus. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber datanya menggunakan sumber data primer. Sedangkan teknik analisis data dilakukan dengan tiga tahap yakni, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi data. Dari penelitian yang telah dilakukan dapat diambil kesimpulan bahwa, 1) Metode yang digunakan dalam Implementasi Program Ubudiyah Sebagai Upaya Pembentukan Karakter siswa di SMA Islam Al Maarif Singosari yaitu menggunakan metode hafalan dan metode praktek. 2) Implementasi program ubudiyah sebagai upaya pembentukan karakter siswa di SMA Islam Al Maarif Singosari yaitu melalui kegiatan keagamaan seperti sholat dhuhur berjama’ah bimbingan baca Al Qur’an dan SKU (Standar Kecakapan Ubudiyah). 3) Hasil Implementasi program ubudiyah sebagai upaya pembentukan karakter siswa di Sma Islam Al Maarif Singosari yaitu siswa lebih sopan santun, perilaku baik terhadap tuhan, orang tua, guru, sesama teman. Siswa melakukan sholat wajib 5 waktu, karena siswa telah melanjutkan kebiasaan di sekolah yaitu sholat berjama’ah. Siswa lebih jujur dalam pembelajaran termasuk absensi dan penugasan siswa secara mandiri. Kata Kunci: Implementasi Program Ubudiyah, Pembentukan Karakteren_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectPendidikan Agama Islamen_US
dc.subjectImplementasi Program Ubudiyahen_US
dc.subjectPembentukan Karakteren_US
dc.titleImplementasi Program Ubudiyah Sebagai Upaya Pembentukan Karakter Siswa di SMA Islam Al Maarif Singosarien_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record