dc.description.abstract | Pandemi Covid-19 sedang melanda dunia termasuk Indonesia kurang lebih 2 tahun terakhir. Banyak dampak yang disebabkan oleh Covid-19 ini, terutama pada instansi pendidikan. Hal tersebut menjadikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan membuat sebuah kebijakantegas yang berkaitan dengan pelaksanaan pembelajaran selama pandemi Covid-19 untuk mencegah penularan yang lebih luas. Tulisan ini mengkaji kebijakan pendidikan dalam masa pandemi Covid-19 yang berkaitan dengan pelaksanaan pembelajaran berbasis E-Learning, dimana pembelajaran yang sebelumnya dilaksanakan secara tatap muka (offline) diganti menjadi secara online. Dalam masa covid 19 ini, guru PAI di SMK Negeri 4 Malang melakukan inovasi baru dan kreatifitas di dalam pembelajaran daring dengan memanfaatkan media pembelajaran (teknologi). Guru mampu menggunakan mediapembelajaran daring, seperti menggunakan media whatsApp, media Youtube, media Google Clasroom, media Google Internet, media Google Meet, media Zoom,dan Power Point.
Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan: (1) Bagaimana kreatifitas guru dalam menggunakan media pembelajaran daring masa pandemi Covid-19 pada mata pelajaran PAI di SMKN 4 Malang. (2) Bagaimana kreatifitas guru dalam menggunakan metode pembelajaran daring masa pandemi covid-19 pada mata pelajaran PAI di SMKN 4 Malang. (3) Bagaimana kendala yang di hadapi guru dalam pelaksanaan pembelajaran dari maa pandemi Covid-19 pada mata pelajaran PAI di SMKN 4 Malang.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan konsep Miles Huberman.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Kreatifitas guru dalam menggunakan media pembelajaran daring masa pandemi Covid-19 pada mata pelajaran PAI di SMKN 4 Malang yaitu dengan memanfaatkan teknologi. Seperti menggunakan media whatsApp, media Google Clasroom, media Youtube, media Google internet, media Google meet, membuat media sendiri yakni Power point.
(2) Kreatifitas guru dalam menggunakan metode pembelajaran daring masa pandemi Covid-19 pada mata pelajaran PAI di SMKN 4 Malang yaitu guru menggunakan metode tanya jawab untuk membuat pembelajaran daring menarik dan tidak membosankan. (3) kendala yang dihadapi guru dalam pelaksanaan pembelajaran daring masa pandemi Covid-19 pada mata pelajaran PAI di SMKN
4 Malang ialah kesulitan dalam hal menyampaikan materi kepada siswa, penggunaan jaringan internet, kurangnya pemahaman guru terhadap tools internet, keterbatasan waktu dalam mengajar, pengalaman mengajar guru.
Kata Kunci: Kreatifitas, Guru, Pembelajaran Daring, Efektif | en_US |