Show simple item record

dc.contributor.authorRachmadhani, Ainur
dc.date.accessioned2022-08-02T02:07:30Z
dc.date.available2022-08-02T02:07:30Z
dc.date.issued2022-07-14
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/4634
dc.description.abstractAl-Qur’an merupakan sumber hukum dalam agama islam. Al-Qur’an juga pedoman bagi umat islam yang mana di dalam Al-Qur’an terdapat banyak hukum-hukum yang berkaitan dalam kehidupan manusia. Dengan ada nya sentuhan terhadap Al-Qur’an akan memberikan dorongan kepada manusia untuk mempelajari Al-Qur’an. selain membaca dengan menghafalkan Al-Qur’an Allah akan memberikan anugerah serta kemuliaan bagi seseorang yang dapat menghafalkan ayat-ayat Al-Qur’an. Dengan melafalkan serta menghafalkan Al-Qur’an dapat menambahkan ilmu agama islam. Karena dengan mengamalkan Al-Qur’an merupakan salah satu usaha untuk membentuk anak didik menjadi anak yang berakhlaqul Karimah. Ketika di sekolah anak didik diberikan pemahaman agama melalui Al-Qur’an sehingga anak didik menjadikan Al-Qur’an sebagai pedomannya untuk menjalani kehidupannya. Hal ini di latar belakangi oleh hasil belajar siswa yang dicapai ketika anak didik dapat mengamalkan Al-Qur’an dengan membaca serta menghafalkan. Tujuan dari penelitian ini yakni untuk mengetahui apakah ada pengaruh kelas tahfidzul qur’an terhadap hasil belajar siswa SMP Ta’miriyah Surabaya. Berdasarkan kajian teori yang dikaji oleh peneliti, adanya pengaruh kelas tahfidzul qur’an terhadap hasil belajar siswa yang baik. Untuk mencapai tujuan tersebut di atas penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian kuantitatif jenis survey. Variabel dalam penelitian ini meliputi kelas tahfidzul Qur’an (variabel bebas) dan hasil belajar siswa (variabel terikat). Penelitian ini menggunakan sampel yang populasinya dari kelas VII SMP Ta’miriyah Surabaya. Proses pengumpulan data pada penelitian ini melalui penyebaran kuisioner atau angket kelas tahfidzul Qur’an dan diambil dari hasil ujian tengah semester tahun pelajaran 2021/2022 dan dianalisis menggunakan pendekatan rumus statistik product moment pada IBM SPSS 26. Berdasarkan hasil uji regresi linear sederhana diperoleh nilai signifikansi (Sig) 0,003< probabilitas 0,05 (5%). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara variabel kelas tahfidzul Qur’an terhadap hasil belajar peserta didik. Kelas tahfidzul Qur’an mempunyai pengaruh 27,1% terhadap keberhasilan hasil belajar peserta didik sehingga sudah menjadi keharusan bagi tenaga pendidikan untuk selalu memperhatikan dan meningkatkan hafalan Al-Qur’an peserta didik. Kata Kunci : Al-Qur’an, Hasil Belajar Siswaen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectPendidikan Agama Islamen_US
dc.subjectAl-Qur’anen_US
dc.subjectHasil Belajar Siswaen_US
dc.titlePengaruh Kelas Tahfidzul Qur’an terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII di SMP Ta’miriyah Surabayaen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record