Show simple item record

dc.contributor.authorRizmawati, Agnes Sania
dc.date.accessioned2022-08-02T02:08:15Z
dc.date.available2022-08-02T02:08:15Z
dc.date.issued2022-06-28
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/4635
dc.description.abstractProses pendidikan yang awalnya tatap muka diganti dengan system daring atau biasanya disebut dengan pembelajaran jarak jauh (Online). Hal ini memutuskan untuk terjadinya persebaran luas Kasus Covid yang semakin hari semakin meningkat jumlah yang positif terkena Covid 19. Maka dari itu pemerintah menegaskan bahwasannya semua pembelajaran baik aktivitas di manapun dilakukan di dalam rumah. Dengan adanya begitu system pembelajaran dialihkan melalui online, atau juga bisa menggunakan aplikasi yang cukup familiar yaitu menggunakan Platfroom, Google Classrom. Yang dimana dalam pembelajaran jarak jauh juga membutuhkan media untuk bisa melakukan pembelajaran dimanapun walau itu tidak dilakukan di dalam kelas saja, di Google Classroom sendiri terdapat banyak fitur fitur yang dapat diakses dengan mudah, dan membantu dalam melakukan system pembelajaran jaraka jauh. Dengan begitu disini guru sangat berperan sangat penting dalam melakukan proses pembelajaran yang akan diajarkan pada saat proses pembelajaran itu berlangsung. Dari Latar belakang penelitian yang dijelaskan diatas maka peneliti merumuskan masalah, yaitu tentang Perencanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan Menggunakan Google Classroom, Proses Pelaksanan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan menggunakan Google Classroom dan Model pembelajaran Pendidikan Agama Islam Menggunakan Google Classroom Untuk Mencapai tujuan di atas, maka peneliti dilakukan dengan jenis penelitian Kualitatif dengan prosedur pengumpulan data dilakukan menggunakan melalui metode Observasi, wawancara dan dokumentasi, yaitu pengamatan dimana aktivitas penelitian fenomena yang dilakukan dengan Tanya jawab secara lisan dengan sumber penelitian, dan metode dokumentasi yaitu pengumpulan data yang besrumber dari arsip dan dokumentassi yang berhubungan dengan, penelitian tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan jenis penelitian studi kasus dengan tempat penelitian di SMPN 13 Malang, pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis pada data dilakukan penarikan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data dilakukan dengan wawancara mendalam, pengamatan lebih lama, diskusi dengan sejawat dan tringulasi. Berdasarkan hasil penelitian yang di peroleh penelitian mengenai “implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan Menggunakan Google Classroom di SMPN 13 Malang” dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) perencanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 13 Malang, guru mengembangkan indicator dan tujuan pembelajaran mengembangkan materi pembelajaran materi pembelajaran, pengembangan media dan sumber belajar yang akan digunakan oleh peserta didik, pengembangan alat evaluasi, dan menyusun secara rencana pembelajaran. (2) Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan Menggunakan Google Classroom di SMPN 13 Malang, pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan menggunakan Google Classroom ini bahwasannya menggunakan aplikasi Google Classroom itu sendiri merupakan bahan alternative yang digunakan dalam proses pembelajaran jarak jauh, aplikasi ini sangat membantu proses pembelajaran karena akses yang mudah dan banyak fitur yang mendukung, dan termasuk dalam ranah yang cukup simple dalam melakukan proses pembelajaran. (3) evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan Menggunakan Google Classroom di SMPN 13 Malang, evaluasi pembelajaran yang digunakan di sekolahan pada saat daring yaitu dengan menggunakan penilaian otentik yang mencakup tiga aspek yaitu penilaian pengetahuan penilaian keterampilan serta penilaian sikap. Dalam hal ini yang perlu di sarankan ialah dalam menerapkan system pembelajaran yang bersifat “Implementasi Pendidikan Agama Islam dengan Menggunakan Google Classrom” tertuju kepada pendidik agar memerhatikan bagaimana model atau metode dalam pembelajaran yang akan dilakukan dan diterapkan sehingga peserta didik tetap memeiliki motivasi yang baik dalam mengikuti pembelajaran Daring. Kata Kunci: Implementasi Pembelajaran, Google Classrom, Pendidikan Agama Islam.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectPendidikan Agama Islamen_US
dc.subjectImplementasi Pembelajaranen_US
dc.subjectGoogle Classromen_US
dc.titleImplementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan Menggunakan Google Classroom di SMPN 13 Malangen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record