dc.description.abstract | Pendekatan saintifik adalah proses pembelajaran yang dirancang sedemikian rupa agar peserta didik secara aktif mengonstruk konsep, hokum atau prinsip melalui tahapan-tahapan mengamati, merumuskan masalah, mengajukan atau merumuskan hipotesis, mengumpulkan data dengan berbagai teknik, menganalisis data, menarik kesimpulan dan mengomunikasikan konsep, hukum atau prinsip yang ditemukan. Hal tersebutlah yang melatarbelakangi masalah Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Mojokerto untuk memberikan pemahaman kepada siswa dengan mengenal, memahami, berbagai materi menggunakan pendekatan ilmiah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan respon siswa tentang penerapan pendekatan saintifik pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadist dan hasil belajar siswa kelas VII di MTsN 1 Mojokerto serta apakah ada pengaruh pendekatan saintifik pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadist terhadap hasil belajar siswa.
Untuk mencapai tujuan tersebut di atas maka peneliti dilakukan dengan jenis penelitian kuantitatif. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode eksperimen, yaitu mendeskripsikan mengenai gambaran tentang variabel dan suatu objek yang diteliti dan menjelaskan tentang hubungan sebab akibat antar variabel melalui pengujian hipotesa sehingga diperoleh suatu kesimpulan.
Dalam penelitian ini, pada variabel pendekatan saintifik pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadist terhadap hasil belajar memiliki nilai sig. 0.020 < 0.05 dan nilai thitung 2.496 > ttabel 1.960 maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima, artinya terdapat pengaruh pendekatan saintifik pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadist terhadap hasil belajar siswa kelas VII di MTsN Mojokerto.
Hal yang perlu diperhatikan sebagai saran-saran yaitu tentang bagaimana agar siswa lebih bersemangat dalam belajar dan tidak sekedar memahami materi untuk mendapatkan nilai baik akan tetapi juga lebih esensial yaitu menggunakan ilmu ituntuk kebaikan dunia dan akhirat serta guru dapat menerapkan pendekatan saintifik dengan baik dan selalu berinovasi agar pembelajaran kedepannya lebih menarik.
Kata Kunci: Pengaruh, Pendekatan Saintifik, Hasil Belajar | en_US |