Show simple item record

dc.contributor.authorSyamsudin, Muhammad Nur
dc.date.accessioned2022-08-02T02:11:13Z
dc.date.available2022-08-02T02:11:13Z
dc.date.issued2022-07-15
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/4640
dc.description.abstractKetika peneliti melakukan observasi pada proses pembelajaran yang terjadi di SMPIT AS SALAM siswa sangat kurang bersemangat atau kurang aktif dalam mengikuti pembelajaran. Hal ini disebabkan model pembelajaran yang diterapkan guru PAI sangat monoton. Metode yang dilakukan kebanyakan menggunakan metode ceramah, tidak melibatkan peserta didik aktif, catat buku sampai habis, sehingga siswa kurang antusias dalam mengikuti pembelajaran karena dirasa pembelajaran yang kurang menarik. Seorang guru tentunya harus terus berupaya untuk mencari atau merumuskan strategi yang tepat sehingga tercipta pembelajaran yang nyaman dengan siswa serta mencapai tujuan pembelajaran yang efektif. Dengan metode pembelajaran active learning proses pembelajaran PAI diharapkan akan menghasilkan prestasi akademik dan kemampuan pada siswa untuk menjalin hubungan sosial serta dapat mengembangkan nilai nilai agama islam. Tujuan dari penelitian ini (1) Mendeskripsikan perencanaan Implementasi Pembelajaran PAI Berbasis Active Learning di SMPIT As Salam(2) Mendeskripsikan Implementasi Pembelajaran PAI Berbasis Active Learning di SMPIT As Salam(3)Mendeskripsikan Evaluasi dari Implementasi Pembelajaran PAI Berbasis Active Learning di SMPIT As Salam Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan jenis penelitian studi kasus dengan tempat penelitian di SMPIT As-Salam Malang. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis pada data dilakukan dengan cara merangkum data yang penting kemudian dilakukan penarikan kesimpuan. Untuk menguji keabsahan data dilakukan dengan wawancara mendalam, pengamatan lebih lama, diskusi dengan teman sejawat dan tringulasi. Hasil penelitian yang diperoleh peneliti mengenai “Implementasi Pembelajaran Pai Berbasis Active Learning Di Smpit As Salam Malang” sebagai berikut: (1) Perencanaan Implementasi Pembelajaran PAI Berbasis Active Learning guru mata pelajaran PAI yaitu terlebih dahulu menyiapkan RPP, kemudian menyiapkan bahan ajar berupa materi, menyiapkan media pembelajaran seperti video atau power point dan soal-soal sesuai dengan materi yang disampaikan untuk peserta didik.(2) tahapan dalam implementasi pembelajaran PAI berbasis Active Learning, guru melakukan 3 tahapan yaitu: tahap pendahuluan, tahap inti, tahap penutup . (3) Evaluasi Implementasi Pembelajaran PAI Berbasis Active Learning di SMPIT As Salam penilaian kognitif, afektif, psikomotorik, dan remidial. Kata Kunci: Implementasi, Active Learning, Pendidikan Agama Islamen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectPendidikan Agama Islamen_US
dc.subjectImplementasien_US
dc.subjectActive Learningen_US
dc.titleImplementasi Pembelajaran PAI Berbasis Active Learning di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu As Salam Malangen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record