Strategi Pembelajaran Akidah Akhlaq dalam Mencegah Perilaku Bullying pada Siswa Kelas IX di MTs NU Cantigi Indramayu

Show simple item record

dc.contributor.author Mahmudah, Wafiq Rochayatul
dc.date.accessioned 2022-08-02T02:14:12Z
dc.date.available 2022-08-02T02:14:12Z
dc.date.issued 2022-06-09
dc.identifier.uri http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/4645
dc.description.abstract Penelitian ini berawal dari banyaknya kasus bullying sisiwa di madrasah, terlihat dari realitasnya masih adanya sisiwa yang menjadi korban bullying, siswa yang takut berada di madrasah, disamping itu masih sering terjadi siswa yang berperilaku buruk terhadap temannya. Hal tersebut sudah seharusnya menjadi menjadi peran lembaga pendidikan mencegah perilaku bullying siswa. Khususnya guru aqidah akhlak yang mengampu pembelajaran aqidah akhlak siswa sebagai panutan dalam mengaplikasikan upaya guru aqidah akhlak yang dapat mencegah perliaku bullying. Adapun tujuan peneliti ini adalah mencegah perilaku bullying di MTS NU Cantigi Indramayu dan mendeskripsikan upaya guru akidah akhlak dalam mencegah perilaku bullying. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar MTS NU Cantigi Indramayu. Subyek penelitian adalah guru pengampu mata pelajaran aqidah akhlakak, kepala madrasah dan peserta didik. Pengumpulan data dilakukan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisi data dilakukan dengan analisi kualitatif. Pemeriksaan data dilakukan dengan pengamatan data hasil wawancara, dan membandingkan hasil wawancara dengan isi suatu dokumen berkaitan. Hasil penelitan menunjukan: entuk-bentuk perilaku bullying di MTS NU Cantigi Indramayu adalah perilaku bullying tingkat ringan (secara tidak langsung), perilaku bullying tingkat sedang (secara verbal), dan perilaku bullying tingkat berat (secara fisik). Upaya guru aqidah akhlak dalam mencegah perilaku bullying di MTS NU Cantigi Indramayu adalah dengan pembelajaran aqidah akhlak, dengan penanaman keteladanan siswa. Dengan pembiasaan dan paksaan terhadap sisiwa, dan dengan memberikan nasehat dan peringatan kepada sisiwa. Faktor pendukungnya adalah pengaduan dari orangtua siswa, kerjasama baik dengan sesama guru kegiatan rapat guru dan orangtua sisiwa dan dukungan dari kepala madrasah, dan faktor penghambatnya adalah kondisi pribadi sisiwa,masalah orangtua sisiwa,aspek lingkungan siswa,pengawasan sekolah sisiwa,dan pengaruh media. Kata Kunci: Guru, Akidah Ahlaq, Perilaku Bullying en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Universitas Islam Malang en_US
dc.subject Pendidikan Agama Islam en_US
dc.subject Guru en_US
dc.subject Akidah Ahlaq en_US
dc.subject Perilaku Bullying en_US
dc.title Strategi Pembelajaran Akidah Akhlaq dalam Mencegah Perilaku Bullying pada Siswa Kelas IX di MTs NU Cantigi Indramayu en_US
dc.type Other en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Kolom Pencarian


Browse

My Account