Show simple item record

dc.contributor.authorIrfan, Zainal Abidin
dc.date.accessioned2022-08-02T03:44:20Z
dc.date.available2022-08-02T03:44:20Z
dc.date.issued2022-07-15
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/4671
dc.description.abstractKarakter kedisiplinan merupakan satu aset yang sangat penting bagi siswa, yang dimana dalam hal ini kedisiplinan sangatlah kurang sekali, berawal dari banyaknya siswa yang tidak mampu menaati peraturan sekolah, yang nantinya jika hal ini tidak segera di lakukan tindakan maka akan menimbulkan suatu problem – problem yang nantinya akan mengganggu dalam proses belajar mengajar. Oleh sebab itu disini peneliti melakukan tindakan penelitian yang berkaitan dengan bagaimana konsep, pelaksanaan, dan hasil dari peran guru PAI dalam pembentukan karakter kedisiplinan siswa, disini peneliti memilih SMAN 9 Malang sebagai tempat untuk tindakan penelitia. Dalam hal ini peneliti menggunakan metode kualitatif deskriptif. Terkait hasil yang didapatkan yakni konsep yang dilakukan ialah dengan menekankan siswa agar lebih terbiasa dalam hal ubudiyah islamiyah, dan juga melaksanakan suatu progam pendidikan karakter yang dimana siswa di beri materi – materi terkait pendidikan karakter. Terkait pelaksanaan yakni guru melakukan kontroling atau pengawasan secara langsung kepada siswanya. Penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi, dan peneliti dalam melakukan analisis data menggunakan Miles dan Huberman dalam Sugiyono (2014: 246-253) yang terdiri dari tahap- tahap berikut: 1) Pengumpulan data, 2) kondensasi data, 3) penyajian data, 3) penarikan kesimpulan/ verifikasi, sedangkan untuk pengecekan keabsahan data peneliti menggunakan trianguliasi teknik. Berdasarkan penelitian terkait dengan konsep yang dilakukan guru PAI dalam menumbuhkan karakter kedisiplinan siswa, yaitu membiasakan siswa dengan menanamkam ubudiyah islamiyah, yakni dengan konsep dimana guru tersebut menjalankan ajaran agama islam kepada murid sebagai contoh guru tersebut mengajarkan bagaimana tata cara sholat yang benar, bagaimana cara membaca al – qu’an dengan baik dan benar. Selain itu di sekolah tersebut memiliki progam pendidikan karakter (PPK), yang dimana makud dariprogam tersebut adalah untuk dapat mempelajari dan mendalami tentang pendidikan karakter yang dimana siswa ditutut agar mampu menginterplasikan pada kehidupan sehari hari baik disekolah maupun di rumah. Kata Kunci: Peran Guru, Karakter Kedisiplinan, Siswaen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectPendidikan Agama Islamen_US
dc.subjectPeran Guruen_US
dc.subjectKarakter Kedisiplinanen_US
dc.subjectSiswaen_US
dc.titlePeran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembetukan Karakter Kedisiplinan Siswa di SMAN 9 Malangen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record