Show simple item record

dc.contributor.authorKhusna, Lutviatul
dc.date.accessioned2022-08-02T03:47:22Z
dc.date.available2022-08-02T03:47:22Z
dc.date.issued2022-07-15
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/4676
dc.description.abstractPerkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan yang semakin pesat berpengaruh terhadap proses pembelajaran di sekolah dan berpengaruh juga pada materi pembelajaran serta penyampaian materi dalam proses belajar mengajar. Pembelajaran merupakan proses interaksi baik antara pendidik dengan peserta didik, peserta didik dengan peserta didik, maupun peserta didik dengan lingkungannya yang dapat merangsang peserta didik untuk belajar. Melalui proses interaksi, kemampuan peserta didik akan berkembang baik mental maupun intelektualnya. Media Pembelajaran memiliki peranan penting dalam suatu proses pembelajaran. Seiring dengan teknologi, Seiring dengan kemajuan zaman, saat ini banyak media pembelajaran berbasis teknologi komputer dan internet. Namun, pada kelas VIII SMPN 13 Malang, media pembelajarannya masih jarang digunakan dalam proses pembelajaran PAI dan Budi Pekerti, akibatnya minat belajar dan siswa rendah partisipasi. Salah satu alasan guru kurang memanfaatkan media adalah kurangnya pengetahuan tentang penggunaan media sehingga guru menyampaikan materi pelajaran secara klasikal dengan metode ceramah. Hal ini yang cenderung membuat siswa jenuh pada akhirnya menjadi pasif dalam menerima pelajaran. Pada saat kegiatan pembelajaran berlangsung di kelas siswa menunjukkan ketidak-tarikannya ketika guru menjelaskan materi pembelajaran. Hal ini penulis tertarik untuk mengembangkan Media Pembelajaran Berbasis digimonica dalam Pembelajaran PAI dan Budi Pekerti Kelas VIII di SMPN 13 Malang. Hal ini didasarkan pada pentingnya penggunaan media pembelajaran yang menarik dikarenakan media pembelajaran dapat mempengaruhi minat siswa dalam pembelajaran PAI dan Budi Pekerti. Penelitian terdahulu oleh Yoga Klody (2020) menunjukkan adanya kemampuan peningkatan minat belajar siswa setelah menggunakan media pembelajaran digimonica. Oleh karena itu, untuk meningkatkan kualitas pembelajaran pendidikan agama Islam dan Budi Pekerti dibutuhkan upaya alternatif untuk meningkatkan hasil dalam pencapaian pembelajaran tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengembangan pembelajaran berbasis digimonica pada pembelajaran PAI dan Budi Pekerti. kelas VIII SMPN 13 Malang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan dengan mengadaptasi model pengembangan ADDIE (Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi). Penelitian ini dilakukan dilakukan dari bulan Juni, dimana sampel penelitian adalah 32 siswa Kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan angket dan wawancara. Rancangan percobaan yang digunakan adalah eksperimental rancangan. Satu kelompok kecil dan kelompok besar. Analisis data menggunakan kuantitatif dan kualitatif teknik analisis. Hasil penelitian pengembangan ini adalah media pembelajaran PAI dan Budi Pekerti berbasis digimonica yang diterapkan dalam pembelajaran PAI dan Budi Pekerti kelas VIII SMPN 13 Malang. Pada tahap validasi produk, hasil validasi dengan ahli media memperoleh skor 97%, validasi materi memperoleh skor 73%, sedangkan validasi ahli pembelajaran mendapat skor 68%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa produk yang dikembangkan memiliki tingkat kelayakan dalam media digimonica. Kata Kunci: Pengembangan, Media Pembelajaran, Digimonica, Pembelajaran PAIen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectPendidikan Agama Islamen_US
dc.subjectPengembanganen_US
dc.subjectMedia Pembelajaranen_US
dc.subjectDigimonicaen_US
dc.subjectPembelajaran PAIen_US
dc.titlePengembangan Media Pembelajaran Berbasis Digimonica pada Pembelajaran PAI dan Budi Pekerti Kels VIII SMPN 13 Malangen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record