dc.description.abstract | Dalam dunia kependidikan tentunya memiliki metode ajar guna mempermudah siswa dalam menyerap pengetahuan serta keterampilan mereka. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah Student Team Achievement Divisions. Metode ini dipilih peneliti dikarenakan sangat cocok untuk siswa kelas VII.
Berdasarkan observasi awal, bahwasanya siswa SMP kelas VII sudah memasuki proses analisis dikarenakan perkembangan otak dalam berpikir sudah bisa dibentuk. Critical thinking ialah teori belajar kontuktivisme. Konstruktif ini juga memiliki prinsip yakni, pengetahuan itu dibangun oleh siswa sendiri. Dari situ mereka akan aktif mencari tahu dan mengkonstruksi dengan gaya sederhana. Berkaitan dengan materi thaharah yang termasuk bagian fiqh islam (hukum islam)
Latar belakang penelitian, peneliti merumuskan masalah yakni tentang bagaimana implemetasi metode Student Team Achievement Divisions pada bab Semua Bersih Hidup Terasa Nyaman, bagaimana hasil peningkatan critical thinking yang didapat setelah pemakaian metode Student Team Achievement Divisions, dan kendala apa dalam penerapan metode Student Team Achievement Divisions.
Tujuan penelitian ini adalah memberikan terobosan baru dalam menanggulangi masalah metode belajar serta mendeskripsikan terkait sikap yang ditimbulkan dalam proses belajar mengajar melalui metode Student Team Achievement Divisions ada siswa kelas VII SMPN 14 MALANG.
Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara, yakni metode pengumpulan data dengan tanya jawab pada narasumber serta membawa pedoman wawancara, metode observasi yakni metode pengamatan peneliti tentang aktifitas siswa seerta guru ketika proses pembelajaran berlangsung, metode tes yakni metode pengambilan nilai akhir sebagai hasil peningkatan belajar siswa, dan metode dokumentasi, yakni metode pengambilan bdata berupa gambar, catatan dan yang lainnya.
Dalam prorses penelitian telah membuahkan hasil bahwa metode Student Team Achievement Divisions dapat meningkatkan Critical Thinking siswa kelas VII Hasil siswa dalam proses berpikir kritis pada siklus I yakni 22% dan siklus II yakni 90%. Peneliti membuat kriteria dalam penilaian skor siswa khusus kerja dalam tim yang mencakup analisis, bobot pendapat, dan keterampilan bahasa. Hasil penilaian metode Student Team Achievement Divisions sendiri yakni siklus I hanya
25%, terjadi peningkatan di siklus II yakni 91%. Peneliti membuat kriteria dalam penilaian skor siswa khusus aktifitas metode Student Team Achievement Divisions yang mencakup percaya diri, jujur, dan kerjasama.
Berdasarkan pemaparan yang telah dilakukan dari silus I dan siklus II dapat ditarik kesimpulan bahwa proses pembelajaran mengunakan metode Student Team Achievement Divisions dapat meningkatkan Critical Thinking siswa kelas VII SMP Negeri 14 Malang. Hasil penelitian tersebuat ialah hasil realitan dan konkrit. Sebagai bentuk konsekuesinya, penelitian ini dapat dikaji kembali yang berkeinginan mengembangkan serta memperbaiki proses pembelajaran berdasarkan pada temuan penelitian siklus I dan siklus II.
Kata Kunci : Metode Student Team Achievement Divisions, Critical Thinking,
Materi Thaharah, Siswa Kelas VII | en_US |