Show simple item record

dc.contributor.authorKurnianingtyas, Anbiya
dc.date.accessioned2022-08-02T03:55:12Z
dc.date.available2022-08-02T03:55:12Z
dc.date.issued2022-04-20
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/4689
dc.description.abstractMembangun kembali karakter disiplin dan bertanggung jawab peserta didik pascapandemi covid-19 bukanlah hal yang mudah karena peserta didik masih banyak yang terjebak zona nyaman belajar dirumah, dengan demikian guru Pendidikan Agama Islam membuat program khusus yang diperuntukkan siswa agar tertata kembali karakter disiplin dan bertanggung jawab. Penelitian ini bertujuan menggali informasi tentang bagaimana peran guru Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membangun Karakter Disiplin dan Bertanggung Jawab Peserta Didik Pascapandemi Covid-19 di SMAN 2 Malang dengan tiga fokus penelitian yakni: pertama apa bagaimana strategi guru PAI dalam membangun karakter disiplin dan bertanggung jawab pascapandemi covid-19, kedua bagaimana implementasi dalam pelaksanaan strategi tersebut, yang ketiga bagaimana hasil implementasi dari strategi tersebut. Penelitian ini mengggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus, metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisa data dalam penelitian ini meliputi empat tahap yakni, pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Data disajikan dalam bentuk deskriptif. Pengecekan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan empat kriteria yakni: derajat kepercayaan, keteralihan, ketergantungan dan kepastian. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa peran guru Pendidikan Agama Islam dalam membangun karakter disiplin dan bertanggung jawab Peserta didik pascapandemi covid-19 di SMAN 2 Malang sangatlah baik. Guru Pendidikan Agama Islam memiliki program khusus seperti membaca surat pendek di awal jam pelajara, ice breaking untuk menstimulus siswa agar aktif dalam pembelajaran, evaluasi sholat subuh, program tersebut dibuat guna membangun karakter siswa yang jauh dari kata baik setelah adanya pandemi covid-19. Pengimplentasian program tersebut kepada siswa dengan cara yang sesuai dengan komponen utama yang harus diterapkan ketika hendak membentuk karakter peserta didik, yakni moral knowing, moral feeling dan moral action. Hasil dari pengaplikasian program tersebut cukup baik, yakni siswa mulai mengalami perubahan yang signifikan hingga mencapai hampir 85%. Misalnya yang awalnya jarang masuk sekolah, sekarang masuk terus, yang jarang mengumpulkan tugas dan telat menjadi rajin dan selalu tepat waktu. Kata Kunci : Karakter Disiplin, Bertanggung Jawab, Pascapandemi Covid-19en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectPendidikan Agama Islamen_US
dc.subjectKarakter Disiplinen_US
dc.subjectBertanggung Jawaben_US
dc.subjectPascapandemi Covid-19en_US
dc.titlePeran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membangun Karakter Disiplin dan Bertanggung Jawab Peserta Didik Pascapandemi Covid-19 di SMAN 2 Malangen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record