Strategi Guru dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MTs Negeri Batu

Show simple item record

dc.contributor.author Setyowati, Anis
dc.date.accessioned 2022-08-02T04:48:42Z
dc.date.available 2022-08-02T04:48:42Z
dc.date.issued 2022-07-15
dc.identifier.uri http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/4696
dc.description.abstract Strategi pembelajaran merupakan sebuah perencanaan tindakan tentang serangkaian kegiatan yang direncanakan secara khusus dari metode manapun pemanfaatan dari beberapa sumber daya yang dimaksud untuk mencapai tujuan dalam pendidikan tertentu. Dalam pendidikan formal, dapat diketahui bahwa guru sebagai pelaksanaanya harus dapat melaksanaan berbagai program pendidikan dengan sebaik-baiknya. Maka, dari itu, untuk mencapai tujuan dalam pendidikan tersebut, guru di harapkan memiliki strategi pembelajaran yang yang menyenangkan dan tidak membosankan bagi peserta didik agar dapat belajar dengan lebih bersemangat dan dilakukan secara maksimal. Kurangnya peningkatan kualitas pembelajaran seringkali disebabkan oleh ketidakjelasan dalam pengelolaan kualitas pembelajaran, seperti pengelolaan tempat belajar, pengelolaan siswa, cara mengaktifkannya dalam proses belajar mengajar, pengelolaan isi atau materi pembelajaran, dan pengelolaan sumber belajar tengah. Oleh karena itu, di butuhkan sebuah strategi dari guru yang mengajar yakni bagaimana merancang sebuah pembelajaran dalam meningkatkan mutu pembelajaran Pendidikan Agama Islam di era milenial ini terutama di MTs Negeri Batu. Strategi Guru dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MTs Negeri Batu menggunakan strategi pembelajaran yang bagus, MTs Negeri Batu sudah di lengakapi dengan fasilitas laboratorium komputer yang digunakan untuk para siswa secara bergantian sesuai jadwal pelajarannya, menggunakan metode seperti tugas proyek, dimana siswa harus melakukan riset atau eksperimen dan tak jarang harus langsung terjun ke lapangan untuk melakukan pengamatan. Peserta didik di biasakan untuk membaca Al-Quran sebelum KBM berlangsung dan melakukan sholat dhuha, dhuhur secara berjamaah, dan mencipatakan akhlakul karimah. Dengan adanya strategi khusus dalam meningkatkan pembelajaran, diharapkan dapat memajukan kualitas pemahaman siswa terhadap materi pelajaran yang disampaikan secara kognitif, efektif, dan psikomotif. Sehingga pada saat siswa telah selesai menempuh pendidikannya di MTs Negeri Batu mempunyai akhlak yang baik sesuai harapan dan melakukan hal hal yang sudah dibiasakan ketika sekolah seperti sholat dhuha, dhuhur berjamaah, dan membaca Al-Quran. Dari Pemaparan diatas peneliti mengangkat judul penelitian yaitu “Strategi Guru dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Agama Islam di Era Milenial (Studi kasus di MTs Negeri Batu)”. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MTs Negeri Batu. Dalam penelitian ini peneliti bertindak sebagai instrumen sekaligus pengumpulan data. Kata Kunci: Strategi, Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, Era Milenial, MTs Negeri Batu. en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Universitas Islam Malang en_US
dc.subject Pendidikan Agama Islam en_US
dc.subject Strategi en_US
dc.subject Pembelajaran en_US
dc.subject Era Milenial en_US
dc.subject MTs Negeri Batu en_US
dc.title Strategi Guru dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MTs Negeri Batu en_US
dc.type Other en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Kolom Pencarian


Browse

My Account