Strategi Guru Sejarah Kebudayaan Islam dalam Menerapkan Sikap Spiritual pada Siswa MTS Negeri Batu Selama Masa Pandemi Covid-19

Show simple item record

dc.contributor.author Amalda, Nadila Farkhatun
dc.date.accessioned 2022-08-02T04:49:53Z
dc.date.available 2022-08-02T04:49:53Z
dc.date.issued 2022-07-15
dc.identifier.uri http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/4698
dc.description.abstract Pembelajaran secara online dilakukan secara serentak setelah pemerintah memutuskan pembelajaran tidak boleh dilakukan secara tatap muka. Semua lembaga pendidikan menerapkan kegiatan pembelajaran yang memanfaatkan teknologi dan akses internet. Dalam pelaksanaannya tentunya sangat berbeda dengan pembelajaran yang dilakukan secara normal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis dalam menerapkan sikap spiritual pad asiswa MTs Negeri Batu selama masa pandemi Covid-19, dengan memfokuskan bentuk perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi guru Sejarah Kebudayaan dalam menerapkan sikap spiritual selama masa pandemic Covid-19. Untuk mencapai tujuan tersebut di atas penelitian dilakukan dengan jenis penelitian kualitatif yang bersifat deskriptip. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, kondensasi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan pengamatan, pembahasan teman sejawat, dan triangulasi. Hasil dalam penelitian ini yaitu, perencanaan guru Sejarah Kebudayaan Islam dalam menerapkan sikap spiritual yaitu dengan membuat rencana pelaksanaan pembelajaran, perencanaan indikator sikap KI-1, perencanaan pembiasaan. Pelaksanaan sikap spiritual pada siswa yautu dengan melakukan berbagai pembiasaan yang dilakukan secara teratur sebagai bentuk penerapan pembiasaan untuk membiasakan dan membangun agar siswa melakukan kegiatan yang baik dan lebih terarah, khususnya dalam penerapan sikap spiritual, dan menerapkan motivasi siswa. Evaluasi yang didapatkan yaitu dengan bentuk penilaiannya yang guru lakukan selama pembelajaran online, yaitu dengan penilaian saat siswa mengikuti rancangan pembiasaan yang diterapkan, dan hasil dari observasi yang didapatkan siswa mengikuti pembelajaran dengan baik, akan tetapi pada pelaksanaan tugas yang guru berikan pada siswa siswa. Kata Kunci: Strategi Guru, Sikap Spiriual, Pandemi Covid-19 en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Universitas Islam Malang en_US
dc.subject Pendidikan Agama Islam en_US
dc.subject Strategi Guru en_US
dc.subject Sikap Spiriual en_US
dc.subject Pandemi Covid-19 en_US
dc.title Strategi Guru Sejarah Kebudayaan Islam dalam Menerapkan Sikap Spiritual pada Siswa MTS Negeri Batu Selama Masa Pandemi Covid-19 en_US
dc.type Other en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Kolom Pencarian


Browse

My Account