Show simple item record

dc.contributor.authorFaizah, Zulfa Hanifil
dc.date.accessioned2022-08-02T04:59:06Z
dc.date.available2022-08-02T04:59:06Z
dc.date.issued2022-05-21
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/4708
dc.description.abstractGerakan Literasi Nasional (GLN) merupakan sebuah kegiatan yang diluncurkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan-keterampilan yang dimiliki pada semua jenjang pendidikan. Pengenalan literasi yang akan dibahas dalam penelitian yakni literasi keuangan. Peneliti melakukan riset dan objek penelitian dilakukan pada Kelompok B Di Ra Mamba’ul Hikmah Desa Girimulyo Kecamatan Karangploso Kabupaten Malang. Latar belakang dari penelitian ini yaitu sebagai upaya pengenalan literasi keuangan pada anak usia ini yang dinilai masih belum ada, sehingga dikenalkan pembelajaran literasi keuangan dengan menggunakan media pembelajaran buku cerita bergambar yang tentunya sesuai dengan karakteristik anak usia dini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangan media sebagai upaya pengenalan literasi keuangan di RA Mamba’ul Hikmah dan juga untuk mengetahui bagaimana literasi keuangan anak usia dini yang dilakukan terhadap kelompok B di RA Mamba’ul Hikmah. Penelitian ini menggunakan metode R&D yaitu suatu proses penelitian yang digunakan untuk mengembangkan dan mengesahkan produk pendidikan. Kemudian untuk teknik pengumpulan data, peneliti menggunakan teknik dokumentasi, wawancara dan juga peneliti menggunakan data kuantitif berupa prosentase. Dari hasil dokumentasi tersebut, ditemukan data berupa, data penelitian awal, data evaluasi ahli terhadap pengembangan produk yaitu ahli dari pembelajaran dan juga ahli dari media. Kemudian peneliti melakukan uji coba produk terhadap kelompok kecil dan juga kelompok besar pada kelompok B di RA Mamba’ul Hikmah. Hasil penelitian yang ditemukan dari penelitian awal dan juga hasil evaluasi dari para ahli dari pembelajaran dan juga ahli media menunjukan bahwa anak usia dini dalam pembelajaran literasi keuangan anak usia dini diajarkan untuk memilki sikap mengatur keuangan sejak dini dan juga mampu mengaplikasikan pembelajaran literasi keuangan dengan menggunakan media buku cerita bergambar. Untuk hasil uji coba yang dilakukan terhadap kelompok kecil dan kelompok besar, hasilnya sebanyak lebih dari 75% tingkat kepuasan dalam pembelajaran. Data statistik yang diperoleh meliputi aspek kemudahan, kesenangan dan keamanan. Kata Kunci : Media Pembelajaran, Literasi Keuangan, Buku Cerita Bergambar, Anak Usia Dinien_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectAgama Islamen_US
dc.subjectPendidikan Islam Anak Usia Dinien_US
dc.subjectMedia Pembelajaranen_US
dc.subjectLiterasi Keuanganen_US
dc.subjectBuku Cerita Bergambaren_US
dc.subjectAnak Usia Dinien_US
dc.titlePengembangan Media Pembelajaran untuk Pengenalan Literasi Keuangan pada Kelompok B di RA Mamba’ul Hikmah Desa Girimoyo Kecamatan Karangploso Kabupaten Malangen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record