View Item 
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Islamic Studies
  • UT - Raudhatul Athfal Teacher Education
  • View Item
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Islamic Studies
  • UT - Raudhatul Athfal Teacher Education
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Pengembangan Media Pembelajaran untuk Pengenalan Literasi Keuangan pada Kelompok B di RA Mamba’ul Hikmah Desa Girimoyo Kecamatan Karangploso Kabupaten Malang

No Thumbnail [100%x80]
View/Open
Publish (2.382Mb)
Fulltext (10.83Mb)
Date
2022-05-21
Author
Faizah, Zulfa Hanifil
Metadata
Show full item record
Abstract
Gerakan Literasi Nasional (GLN) merupakan sebuah kegiatan yang diluncurkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan-keterampilan yang dimiliki pada semua jenjang pendidikan. Pengenalan literasi yang akan dibahas dalam penelitian yakni literasi keuangan. Peneliti melakukan riset dan objek penelitian dilakukan pada Kelompok B Di Ra Mamba’ul Hikmah Desa Girimulyo Kecamatan Karangploso Kabupaten Malang. Latar belakang dari penelitian ini yaitu sebagai upaya pengenalan literasi keuangan pada anak usia ini yang dinilai masih belum ada, sehingga dikenalkan pembelajaran literasi keuangan dengan menggunakan media pembelajaran buku cerita bergambar yang tentunya sesuai dengan karakteristik anak usia dini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangan media sebagai upaya pengenalan literasi keuangan di RA Mamba’ul Hikmah dan juga untuk mengetahui bagaimana literasi keuangan anak usia dini yang dilakukan terhadap kelompok B di RA Mamba’ul Hikmah. Penelitian ini menggunakan metode R&D yaitu suatu proses penelitian yang digunakan untuk mengembangkan dan mengesahkan produk pendidikan. Kemudian untuk teknik pengumpulan data, peneliti menggunakan teknik dokumentasi, wawancara dan juga peneliti menggunakan data kuantitif berupa prosentase. Dari hasil dokumentasi tersebut, ditemukan data berupa, data penelitian awal, data evaluasi ahli terhadap pengembangan produk yaitu ahli dari pembelajaran dan juga ahli dari media. Kemudian peneliti melakukan uji coba produk terhadap kelompok kecil dan juga kelompok besar pada kelompok B di RA Mamba’ul Hikmah. Hasil penelitian yang ditemukan dari penelitian awal dan juga hasil evaluasi dari para ahli dari pembelajaran dan juga ahli media menunjukan bahwa anak usia dini dalam pembelajaran literasi keuangan anak usia dini diajarkan untuk memilki sikap mengatur keuangan sejak dini dan juga mampu mengaplikasikan pembelajaran literasi keuangan dengan menggunakan media buku cerita bergambar. Untuk hasil uji coba yang dilakukan terhadap kelompok kecil dan kelompok besar, hasilnya sebanyak lebih dari 75% tingkat kepuasan dalam pembelajaran. Data statistik yang diperoleh meliputi aspek kemudahan, kesenangan dan keamanan. Kata Kunci : Media Pembelajaran, Literasi Keuangan, Buku Cerita Bergambar, Anak Usia Dini
URI
http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/4708
Collections
  • UT - Raudhatul Athfal Teacher Education

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group
 

 

Browse

All of CategoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group
 

 

NoThumbnail