Show simple item record

dc.contributor.authorRahmah, Annisa ‘Uliya
dc.date.accessioned2022-08-02T05:09:11Z
dc.date.available2022-08-02T05:09:11Z
dc.date.issued2022-07-15
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/4717
dc.description.abstractInovasi pembelajaran berasal dari sebuah pemikiran atau olah pikir manusia yang dapat menghasilkan pembaharuan dalam bidang pendidikan. Inovasi memiliki keterkaitan dengan kata invention dan discovery. Invention ini berkaitan dengan penemuan baru yang ditemukan oleh manusia. Sedangkan discovery dapat diartikan sebagai suatu penemuan yang pernah ada dan hanya perlu adanya pembaharuan agar menjadi lebih sempurna untuk mewujudkan tujuan yang telah ditetapka. Berdasarkan konteks penelitian maka peneliti merumuskan fokus penelitian, yaitu tentang (1)Bagaimana desain pembelajaran pendidikan agama islam pada siswa kelas VII di Smp Islam Al akbar singosari. (2)Bagaimana pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama islam pada siswa kelas VII di Smp Islam Al Akbar Singosari.(3)Bagaimana evaluasi pembelajaran pendidikan agama islam pada siswa kelas VII di Smp Islam Al Akbar Singosari. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah (1)Untuk mendeskripsikan desain pembelajaran pendidikan agama islam pada siswa kelas VII di Smp Islam Al Akbar Singosari.(2)Untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama islam pada siswa kelas VII di Smp Islam Al Akbar Singosari.(3)Untuk mendeskripsikan evaluasi pembealajaran pendidikan agama islam pada siswa kelas VII di Smp Islam Al Akbar Singosari. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Dan dalam mengumpulkan data,penulis menggunakan metode observasi,wawancara, dan dokumentasi . Sedangkan untuk analisis penulis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif yaitu berupa data yang tertulis atau lisan. Berdasarkan hasil penelitian mengenai “Inovasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas VII Di Sekolah Menengah Pertama Islam Al Akbar Singosari. desain pembelajaran sebagai proses adalah pengembangan pengajaran secara sistematik yang digunakan secara khusus teori pembelajaran untuk menjamin kualitas pembelajaran. Desain pembelajaran yang dilakukan oleh guru Pendidikan Agama Islam di SMP Islam Al Akbar Singosari sudah sesuai dengan cara menyusun rencana pelasanaan pembelajarana (RPP) yang baik dan benar sudah sesuai dengan tujuan pembelajaran dan kurikulum yang sudah di terapkan dan sesuai dengan pembelajaran yang diajarkan kepada peserta didik. Pelaksanaan pembelajaran pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Islam Al Akbar Singosari guru menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi, guru tetap menggunakan metode lama dan juga menggunakan metode baru. Di SMP Islam Al Akbar Singosari juga melakukan pembiasaan nilai-nilai karakter religius yaitu pembiasaan holat dhuha dan dzuhur berjama’ah, membaca al-qur’an setiap pagi sebelum pembelajaran dimulai.Evaluasi pembelajaran di SMP Islam Al Akbar Singosari penilaian dilihat dari beberapa aspek yaitu aspek kognitif, afektif, psikomotorik. Kata Kunci: Inovasi, Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectPendidikan Agama Islamen_US
dc.subjectInovasien_US
dc.subjectPembelajaranen_US
dc.titleInovasi Pembelajaran dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas VII di Sekolah Menengah Pertama Islam Al Akbar Singosari.en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record