dc.description.abstract | Kata Kunci : Peran Orang Tua, Motivasi Belajar, Guru, Siswa.
Penelitian ini membahas tentang Peran orang tua dalam memotivasi
belajar siswa di MI Hidayatul Mubtadi’in kota Malang. Alasan dari peneliti untuk
membahas masalah terkait peran orang tua kepada anak, dikarenakan banyaknya
masalah mengenai minat belajar anak yang kurang semangat dalam belajar di
sekolah. Karena kurangnya kontrol dari orang tua di rumah terhadap kegiatan
belajar anak, yang sebagian besar orang tua sibuk dengan pekerjaannya masingmasing, tanpa memperdulikan perkembangan anak dalam belajar di rumah. Orang
tua hanya menyerahkan sepenuhnya pendidikan anak mereka kepada guru,
sehingga dapat menyebabkan pendidikan anak mereka kurang terkontrol, orang
tua belum berperan aktif dalam mendukung belajar anak di sekolah dan di rumah,
sehingga anak jarang mengerjakan tugas dari sekolah.
Berdasarkan konteks penelitian di atas, maka terdapat beberapa masalah
atau fokus penelitian yaitu: yang pertama, mengenai motivasi belajar siswa di MI
Hidayatul Mubtadi’in Tasikmadu Kecamatan Lowokwaru Kota Malang. Kedua,
mengenai Peran orang tua dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa. Ketiga,
mengenai Faktor pendukung dan Penghambat orang tua dalam meningkatkan
motivasi belajar siswa.
Untuk menyelesaikan permasalahan atau fokus penelitian dari tiga
persoalan di atas, maka dilakukan penelitian kualitatif. Prosedur pengumpulan
data yang dilakukan dengan menggunakan tiga metode, pertama, metode
wawancara yang mana peneliti melakukan wawancara terhadap kepala madrasah,
ditambah lagi peneliti menyebarkan Google Form untuk mengetahui seberapa
besar orang tua berperan dalam memotivasi anaknya. Kedua, observasi, yang
mana peneliti langsung mendatangi lokasi penelitian di MI Hidayatul Mubtadi’in
Tasikmadu Kecamatan Lowokwaru Kota Malang mengenai Peran orang tua
dalam memotivasi belajar siswa. Ketiga, dokumentasi, dalam hal ini peneliti
mencari sumber data dukumen resmi mengenai fokus penelitian.
Berdasarkan fokus penelitian di atas, maka peneliti menemukan hasil
penelitian sebagai berikut: Pertama, motivasi belajar siswa di MI Hidayatul
Mubtadi’in ini ada dua kemungkinan yang 1) minat siswa yang memang tinggi
dan 2) minat siswa yang rendah dalam belajar, akan tetapi di MI Hidayatul
Mubtadi’in kalo dari 100% siswa yang rajin maka di Madrasah tersebut ada
sekitar 15% siswa yang tidak rajin belajar. Kedua, peran orang tua dalam
menumbuhkan motivasi belajar siswa di Madrsah ini sangat cukup baik karena,
vii
para orang tua memang sedang bekerja sama dengan para guru di madrasah
tersebut. Ketiga, faktor pendukung dan penghambat orang tua dalam memotivasi
siswa disini hampir seimbang, banyak pendukung dan penghambat bagi orang tua
untuk membimbing anaknya dengan baik. Seprti lingkungan yang tidak
mendukung dan pengaruh gadged yang tidak terkontrol itu salah satu faktor
penghambat, faktor pendukungnya ada pada orang tua yang selalu ada, dan
meluangkan waktu untuk mendampingi anak ketika sedang belajar dan memantau
anak ketika disekolah dengan bekerjasama dengan guru.
Berdasarkan pembahasan di atas, maka dapat di ambil kesimpulan bahwa
peran orang tua dalam memotivasi belajar siswa di MI hidayatul Mubtadi’in ini
motivasi belajar dalam diri anak tidak sepenuhnya sama, karena mereka juga
mempunyai karakter yang berbeda, pemahaman mereka pun berbeda, maka
sebagai orang tua yang peduli terhadap anak harus memiliki kepekaan terhadap
perkembangan anaknya dengan bantuan para guru di madrasah, orang tua akan
intropeksi diri agar tau letak kesalahan dan kebenarannya dalam membimbing
anaknya. | en_US |