Show simple item record

dc.contributor.authorKarimah, Kiki Mamlu'atul
dc.date.accessioned2020-11-20T03:16:33Z
dc.date.available2020-11-20T03:16:33Z
dc.date.issued2020-07-23
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/472
dc.description.abstractKata Kunci: Implemetasi Pembelajaran, Membaca Al-Qur’an, Metode Thoriqoty Sudah menjadi kodrat manusia bahwasannya manusia itu sejak dilahirkan ke dunia ini telah membawa fitrahnya sebagai makhluk yang berbeda dengan makhluk ciptaan yang lainnya. Karena Setiap peserta didik hadir dengan beberapa keunikannya masing-masing, dengan beberapa karakter yang berbeda-beda. Namun kebanyakan masyarakat Indonesia beranggapan bahwa seorang peserta didik yang memiliki prestasi dibidang akademik maka anak itu adalah anak yang cerdas, karena bagi mereka keberhasilan seorang peserta didik dilihat dari jenjang pendidikan formalnya.Sehingga dari sini memang benar adanya, bahwasannya pendidikan merupakan suatu usaha guna untuk meningkatkan diri dalam segala aspeknya. Definisi ini mencakup kegiatan pendidikan yang melibatkan guru maupun yang tidak melibatkan guru, mencakup pendidikan formal maupun non formal serta informal. Dari beberapa pendidikan yang telah diberikan kepada peserta didik sekolah dasar ada salah satu aspek pendidikan agama yang kurang diperhatikan oleh orangtua yaitu pendidikan membaca Al-Qur’an. Pada umumnya orang tua lebih menitik beratkan kepada anak tentang pendidikan umum saja dan kurang memperhatikan tentang pendidikan agama salah satunya adalah pembelajaran membaca Al-Qur’an. Melihat perkembangan dari peserta didik khususnya di jenjang Sekolah Dasar yang masih sangat kurang dalam membaca Al-Qur’an sesuai dengan kaidah ilmu tajwidnya dengan fasih dan benar. Untuk itu pembelajaran Al-Qur’an sangat dibutuhkan dalam dunia pendidikan baik formal maupun non formal untuk anak sekolah dasar. Sehingga dari situ SD BSS (Brawijaya Smart School) bersepakat untuk mencari metode yang paling tepat untuk digunakan sebagai penerapan pembelajaran membaca Al-Qur’an yakni dengan menggunakan metode Thoriqoty. Berdasarkan hal tersebut peneliti tertarik untuk melakukan penelitian ini. Adapun fokus dari penelitian ini adalah (1) Bagaimana perencanaan metode Thoriqoty dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an di SD BSS (Brawijaya Smart School)? (2) Bagaimana penerapan metode Thoriqoty dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an di SD BSS (Brawijaya Smart School)? (3) Bagaimana evaluasi pembelajaran membaca Al-Qur’an melalui metode Thoriqoty di SD BSS (Brawijaya Smart School)? Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui perencanaan dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an di SD BSS (Brawijaya Smart School) (2) Untuk mendiskripsikan penerapan metode Thoriqoty dalam pembelajaran mengaji di SD BSS (Brawijaya Smart School) (3) Untuk mengetahui evaluasi dari pembelajaran membaca Al-Qur’an dengan menggunakan metode Thoriqoty di SD BSS (Brawijaya Smart School). Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Dan hasil data yang diperoleh merupakan hasil dari data deskriptif, yakni berupa kata-kata, gambaran dan bukan termasuk angka-angka. Sumber data sekaligus informan adalah kepala Sekolah, serta pihak-pihak yang terkait dalam penelitian ini. Dalam pengumpulan data, penliti menggunakan beberapa tekhnik yakni melalui, observasi, interview serta dokumentasi. Sedangkan dalam menganalisa datanya, peneliti menggunakan tekhnik pengumpulan data, reduksi data, penyajian data. Untuk pengecekan keabsahan data peneliti menggunakan perpanjangan keikutsertaan, serta Triangulasi dengan menggunakan Triangulasi sumber dan Triangulasi metode. Adapun hasil dari penelitian ini adalah perencanaan, penerapan serta evaluasi pembelajaran membaca Al-Qur’an melalui metode Thoriqoty. Penerapan yang dilakukan berjalan sepeeti halnya yang tertera pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Selain itu persiapan materi serta buku Thoriqoty harus dipersiapkan. Kemudian penerapan yang dilakukan ketika pembelajaran menggunakan dua tekhnik, yakni tekhnik klasikal murni, dan tekhnik klasikal baca simak, individual. Sedangkan evaluasi yang digunakan menggunakan sorogan(peserta didik diminta guru maju kedepan kelas untuk membaca jilidnya) dan diadakannya PTS (praktek Tengah Semester) tiap semesternya.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectImplemetasi Pembelajaranen_US
dc.subjectMembaca Al-Qur’anen_US
dc.subjectMetode Thoriqotyen_US
dc.titleImplementasi Pembelajaran Membaca Al-Qur'an melalui Metode Thoriqoty di Sekolah Dasar BSS (Brawijaya Smart School) Kota Malangen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record