Upaya Peningkatan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Siswa di MI Hidayatul Mubtadiin Tasikmadu

Show simple item record

dc.contributor.author Bahrudin, Rosdiana
dc.date.accessioned 2020-11-20T03:27:11Z
dc.date.available 2020-11-20T03:27:11Z
dc.date.issued 2020-07-16
dc.identifier.uri http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/478
dc.description.abstract Kata Kunci: Motivasi Belajar, Mata Pelajaran Aqidah Akhlak. Pendidikan merupakan salah satu cara untuk membentuk generasi yang berkualitas, suatu strategi atau metode pembelajaran tidak dapat diaplikasikan tanpa adanya guru, tergantung dari kreatifitas guru masing-masing dalam menyampaikan pembelajaran. Hal tersebutlah yang melatar belakangi MI Hidayatul Mubtadiin Tasikmadu agar peserta didik dapat termotivasi dari strategi atau metode pembelajaran yang sudah diterapkan guru. Oleh karena itu penggunaan startegi dan metode pembelajaran sangat penting untuk kemajuan peserta didik sehingga peserta didik dapat termotivasi dalam belajar. Berdasarkan observasi, pembelajaran aqidah akhlak merupakan pembelajaran yang sangat penting dalam pembentukan karakter siswa. Semua itu dapat dilakukan dengan penerapan suatu strategi dan metode pembelajaran supaya peserta didik dapat termotivasi dan memiliki akhlak yang baik seperti yang terkandung dalam pembelajaran aqidah akhlak. Dari latar belakang penelitian di atas maka peneliti merumuskan masalah, yakni tentang bagaimana peningkatan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak siswa di MI Hidayatul Mubtadiin Tasikmadu, bagaimana upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak siswa di MI Hidayatul Mubtadiin Tasikmadu dan apa faktor pendukung dan penghambat dalam upaya guru meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak siswa di MI Hidayatul Mubtadiin Tasikmadu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang peningkatan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak siswa di MI Hidayatul Mubtadiin Tasikmadu, upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak siswa di MI Hidayatul Mubtadiin Tasikmadu dan faktor pendukung dan penghambat dalam upaya guru meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak siswa di MI Hidayatul Mubtadiin Tasikmadu. Untuk mencapai tujuan tersebut di atas penelitian dilakukan dengan jenis penelitian studi kasus. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara yang merupakan metode pengumpulan data dengan menggunakan jalan tanya jawab secara lisan dengan sumber penelitian dan metode dokumentasi yaitu mencari data mengenai hal-hal yang berupa catatan, transkrip, laporan-laporan, agenda dan sebagainya. Dalam penelitian ini, peningkatan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak siswa selain menggunakan strategi pembelajaran inkuiri vii guru juga menggunakan strategi pembelajaran langsung yaitu merupakan strategi yang dilakukan secara langsung seperti mencontohkan langsung membaca asmaul husna setelah selesai sholat dhuha sebelum memulai proses pembelajaran di kelas dan strategi mendidik dengan pembiasaan seperti pembiasaan membaca asmaul husna setiap hari sebelum masuk ke dalam kelas dan membaca asmaul husna sebelum memulai proses pembelajaran di kelas dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak siswa didapatkan hasil temuan penelitian bahwa untuk Peningkatan motivasi belajar siswa diterapkannya strategi pembelajaran inkuiri dimana strategi ini lebih menekankan kepada kreatifitas siswa dalam mencari dan memecahkan masalah sendiri serta berfikir secara kritis, sehingga siswa lebih bersemangat dalam mengikuti pembelajaran aqidah akhlak. Dalam meningkatkan motivasi belajar pada diri siswa diperlukan beberapa cara agar siswa termotivasi dan berantusis dalam mengikuti proses pembelajaran di kelas, antara lain: sebelum memulai proses pembelajaran guru mengajak siswa berdoa terlebih dahulu, ketika siswa jenuh dalam mengikuti proses pembelajaran di kelas maka siswa diajak bermain dulu yang sifatnya adalah untuk bersemangat, memberi penghargaan dan pembelajaran yang sesuai dengan minat siswa sehingga siswa temotivasi untuk belajar. Faktor pendukung dan penghambat dalam upaya guru meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak siswa. Faktor pendukungnya antara lain: Sarana Prasarana yang mendukung, penggunaan media yang sesuai, penguasaan materi yang matang dan penggunaan strategi pembelajaran yang tepat dan faktor pengahambatnya antara lain: siswa yang mengantuk sehingga tidak maksimal dalam menerima pembelajaran yang dijelaskan oleh guru, kurangnya kasih sayang dari orang tua sehingga dalam mengikuti proses pembelajaran siswa sering melamun dan tidak fokus, sarana prasarana yang tidak mendukung dan media yang tidak sesuai. Hal yang perlu diperhatikan sebagai saran yaitu sebelum menggunakan suatu strategi atau metode dalam proses pembelajaran harus memperhatikan kebutuhan dan karakteristik siswa terlebih dahulu sehingga di dalam penerapannya berjalan dengan efesien dan efektif. en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Universitas Islam Malang en_US
dc.subject Motivasi Belajar en_US
dc.subject Mata Pelajaran Aqidah Akhlak en_US
dc.title Upaya Peningkatan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Siswa di MI Hidayatul Mubtadiin Tasikmadu en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Kolom Pencarian


Browse

My Account