Peran Orang Tua dalam Memotivasi Belajar Anak Usia Dini di Desa Sunan Ampel Kelurahan Ampeldento Kecamatan Pakis Kabupaten Malang
Abstract
Motivasi belajar merupakan keseluruhan daya penggerak baik dalam diri
maupun luar anak yang menjamin kelangsungan dan memberikan arah pada
kegiatan belajar, sehingga tujuan yang dikehendaki oleh subjek belajar itu tercapai.
Motivasi belajar anak juga terkait dengan peran orang tua dimana orang tua
mempunyai peran dan pengaruh yang sangat besar.
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui peran orang tua dalam
memotivasi belajar anak usia dini di Desa SunanAmpel Kelurahan Ampeldento
Kecamatan Pakis Kabupaten Malang. 2) Untuk mengetahui apa saja kendala yang
dialami orang tua dalam memotivasi belajar anak usia dini di Desa SunanAmpel
Kelurahan Ampeldento Kecamatan Pakis Kabupaten Malang. 3) Untuk mengetahui
bagaimana solusi yang dilakukan orang tua dalam memotivasi belajar anak usia dini
di Desa SunanAmpel Kelurahan Ampeldento Kecamatan Pakis Kabupaten Malang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif lapangan, yaitu : prosedur
penelitian yang berupa rangkaian kata tertulis dan lisan dari orang –orang dan
perilaku informan yang dapat diamati. Oleh karena itu data primer yang diperlukan
berupa hasil wawancara dengan para informan, observasi, dan dokumentasi yang
bersifat deskriptif. Penelitian deskriptif adalah penelitian yang mengamati sesuatu
(objek penelitian) dan kemudian dijelaskan gejala-gejala, fakta-fakta, atau
kejadian-kejadian secara sistematis dan akurat yang sesuai dengan kondisi
mengenai suatu hal.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini bahwa Peran Orang Tua Di Desa
SuanAmpel Kelurahan Ampeldento Kecamatan Pakis Kabupaten Malang sangat
berpengaruh terhadap motivasi belajar anak usia dini. Banyak dari warga desa yang
tidak terlalu memperhatikan anaknya dalam memotivasi belajar meskipun tidak
semua warga yang acuh, ada juga warga yang tetap memperhatikan anaknya dengan
baik.
Hal yang perlu diperhatikan sebagai saran-saran yaitu tentang bagaimana
peran orang tua dalam ikut serta memotivasi anak usia dini dan mengetahui cara
yang tepat dan sesuai untuk memotivasi anak usia dini tanpa memaksa. Agar anak
mampu tumbuh dan berkembang sesuai dengan kemampuannya.
Kata Kunci : Peran Orang Tua, Memotivasi Belajar, Anak Usia Dini