Show simple item record

dc.contributor.authorSafira, Fitria Belqis
dc.date.accessioned2022-08-23T01:27:49Z
dc.date.available2022-08-23T01:27:49Z
dc.date.issued2022-07-11
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/4998
dc.description.abstractPada era globalisasi pada saat ini tentunya perkembangan teknologi sangat berpengaruh dalam berbagai sector Pendidikan, salahsatunya dalam sector dunia Pendidikan dimana dunia Pendidikan pada saat ini telah banyak menggunakan kemajuan teknologi sebagai salah satu inovasi dalam membantu proses pembelajaran. Salah satu pemanfaatan teknologi yang digunakan dalam dunia Pendidikan adalah dalam pembuatan media pembelajaran berbasis teknologi dan interaktif. Media pembelajaran merupakan alat bantu penyampaian informasi pembelajaran sehingga pesan pembelajaran dapat tersampaian dengan baik. Peran media pembelajaran adalah hal yang sangat penting agar proses pembelajaran dapat bervariasi dan tidak monoton sehingga memberikan sebuah pengalaman beru dalam pembelajaran oleh peserta didik. Dalam penelitian ini berkaitan dengan pengembangan media pembelajaran variasi kuis interaktif dengan articulate storyline dan merumuskan tiga rumusan masalah yaitu Bagaimana analisis kebutuhan pengembangan media pembelajara kuis interaktif dengan artikulate storyline pada materi fabel terhadap minat belajar siswa kelas VII SMPN 02 Talun, bagaimana proses pengembangan media pembelajara kuis interaktif dengan artikulate storyline pada materi fabel terhadap minat belajar siswa kelas VII SMPN 02 Talun, bagaimana hasil uji kelayakan media pengembangan media pembelajara kuis interaktif dengan artikulate storyline pada materi fabel terhadap minat belajar siswa kelas VII SMPN 02 Talun. Sehingga mempunyai tujuan mendeskripsikan kebutuhan media pembelajran, mendeskripsikan proses pengembangan media pembelajaran variasi kuis interaktif, dan mendeskripsikan hasil uji kelayakan media pembelajaran variasi kuis interaktif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif, dalam pendekatan kualitatif peneliti akan mendeskripsikan segala hasil penelitian dan masukan dari para ahli media, ahli praktisi hingga respon dari peserta didik. Sedangkan pendekatan kuantitatif digunakan untuk menghitung presentase hasil dari validasi produk media pembelajaran variasi kuis interaktif, validasi ahli praktisi, dan angket kebutuhan hingga angket ketertarikan peserta didik terhadap media pembelajaran variasi kuis interaktif. Berdasarkan data yang diambil pada saat penelitian di SMP Negeri 02 Talun pada kelas VII-G menyimpulkan bahwa dengan adanya media pembelajaran variasi kuis interaktif ini yang memuat materi fabel, contoh cerita fabel yang dapat dibaca dan ditonton, hingga berbagai macam variasi kuis interaktif yang dapat dikerjakan oleh peserta didik mendapatkan respon yang baik dan dapat meningkatkan minat belajar siswa yang dapat dibuktikan dengan presentase hasil angket ketertarikan siswa. Kata Kunci: Pengembangan, Media Pembelajaran Variasi Kuis Interaktif, Minat Belajar, Materi Fabelen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectKeguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectPendidikan Bahasa dan Sastra Indonesiaen_US
dc.subjectPengembanganen_US
dc.subjectMedia Pembelajaran Variasi Kuis Interaktifen_US
dc.subjectMinat Belajaren_US
dc.subjectMateri Fabelen_US
dc.titlePengembangan Media Pembelajaran Variasi Kuis Interaktif dengan Artikulate Storyline untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas VII di SMP Negeri 02 Talunen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record