dc.description.abstract | Pembelajaran merupakan suatu aktifitas menyampaikan informasi dari pengajar kepada pelajar. Pada masa pandemi covid 19 pendidik berusaha menyampaikan materi pembelajaran kepada peserta didik dengan berbagai macam cara mulai dari memanfaatkan media pembelajaran sampai melakukan kunjungan ke rumah rumah peserta didik untuk memaksimalkan hasil pembelajaran. Dengan memanfaatkan berbagai jenis media pembelajaran diharapkan dapat membantu proses pembelajaran selama masa pandemi covid. Model pembelajaran yang digunakan pada masa pandemic sangat dibutuhkan untuk memudahkan pendidik menyampaikan materi pembelajaran kepeserta didik.
Penelitian ini mempunyai tiga fokus penelitian yaitu bagaimana perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran tematik BI sistem shift SDN 2 Wameo di masa pandemic covid 19. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan pembelajaran tematik BI sistem shift, pelaksanaan pembelajaran tematik BI sistem shift, dan penilaian atau evaluasi dalam pembelajaran tematik BI sistem shift SDN 2 Wameo pada masa pandemic covid 19.
Pendekatan yang digunakan penelitian ini yaitu pendekatan kualittatif, yang dilakukan dengan cara mendeskripsikan tentang perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran tematik BI sistem shift SDN 2 Wameo di masa pandemi covid 19 yang diproleh melalu observasi kelas, wawancara pendidik serta peserta didik kelas IV dan dokumentasi sebagai data penunjang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian menggunakan jenis penelitian studi kasus yaitu jenis penelitian yang dilakukan peneliti untuk mencari tahu apa yang sebenarnya terjadi dibalik sebuah proses pembelajaran yang sedang berlangsung di SDN 2 Wameo selama masa pandemi covid-19. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah obsevasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini menunjukan perencanaan, pelaksanaan dan penilaian pembelajaran tematik BI sistem shift di SDN 2 Wameo yang dilaksanakan selama masa pandemi covid 19. Mulai dari tahap perencanaan yang sudah di lakukan sesuai dengan prosedur. Pada tahap perencanaan sebelum memulai pembelajaran pendidik sudah menyusun perangkat pembelajaran seperti menyusun RPP yang disesuaikan dengan kondisi pembelajaran dan mengatur jadwal pergantian sistem shift. Pelaksanaan pembelajaran sudah sesuai dengan langkah-langkah kegiatan pembelajaran dalam RPP yang sudah di susun di awal perencanaan pembelajaran. Pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan sisitem shift pada pembelajaran tematik BI telah dilaksanakan secara tersetruktur dan sesuai dengan harapan.
Proses pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan sistem shift dengan waktu yang terbatas dalam proses pembelajaran membut pendidik dan peserta didik sangat memanfaatkan waktu dengan sebaik mungkin agar mencapai tujuan pembelajaran. Jadi pembelajaran tematik BI dengan menggunakan sisitem shift dapat mecapai target yang dituju dengan hasil nilai akhir pembelajaran yang akan dijelaskan pada tahap penelitian. Pada tahap penilaian masih sama seperti penilaian pembelajaran yang digubakan pada umumnya. Penilaian pembelajaran yang digunakan oleh pendidik sudah dipersipakan pada tahap perencanaan di awal. Pada penilaian terdapat 3 aspek penilaian yang digunakan pendidik dalam pembelajaran yaitu penilaian sikap, penilaian pengetahuan, dan penilaian keterampilan. Dari 3 aspek tersebut pendidik sudah menyusun instrument penilaian masing-masing dan menghasilka nilai akhir yang memenuhi target.
Simpulan dari hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa hasil pembelajaran tematik BI dengan sistem shift cukup memenuhi target dalam penerapanya. Pelaksanaan pembelajaran secara tatap muka dengan waktu yang terbatas sangat dimanfaatkan dengan baik oleh pendidik dan peserta didik. Pada masa pandemi covid-19 penggunaan sistem shift dapat menjadi alternatif untuk menerapkan pembelajaran yang dapat memudahkan pendidik maupun peserta didik. Hasil yang sudah diurakan tersebut, dapat dikatakan pembelajaran tematik BI dengan sistem shift dapat menjadi pilihan alternatif pembelajaran di masa pandemic covid-19. Kata Kunci: Pembelajaran, Tematik BI, Sistem Sistem Shift, Pandemi Covid | en_US |