Show simple item record

dc.contributor.authorMarwani
dc.date.accessioned2022-08-25T05:48:33Z
dc.date.available2022-08-25T05:48:33Z
dc.date.issued2022-06-29
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/5078
dc.description.abstractSeorang guru dituntut inovatif dan kreatif untuk mampu mendesain bahan ajar sesuai dengan keadaan dan keingin siswa, guna terciptanya siswa berkompeten dan terlaksananya belajar mandiri, sehingga rencana pemerintah untuk menciptakan merdeka belajar di Indonesia terlaksana pada semua lini pendidikan di negeri ini. Mutu pendidikan menjadi rendah apabila tenaga guru tidak diikut serta dalam kegiatan-kegiatan yang dapat meng-update keilmuannya, begitu juga halnya dengan media pembelajaran harus mengikuti perkembangan teknologi yang semakin maju. Karena jika tidak mengikuti perkembangan zaman pendidikan di Indonesia akan jauh tertinggal, seperti kegiatan pembelajaran yang menoton dan hanya menggunakan metode konvensional saja. Berkaitan dengan masalah tersebut, tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media video pembelajaran menulis teks cerpen siswa kelas XI SMA Tahfizd Asy Syadzili Pakis Malang, di mana SMA Tahfizd Asy Syadzili Pakis Malang merupakan sekolah menginap atau bording school. Secara khusus, masalah yang dikaji meliputi (1) Untuk mengetahui hasil analisis kebutuhan video pembelajaran menulis teks cerpen siswa kelas XI SMA Tahfizd Asy Syadzili Pakis Malang. (2) Untuk mengetahui hasil pengembangan video pembelajaran menulis teks cerpen untuk siswa kelas XI SMA Tahfizd Asy Syadzili Pakis Malang (model ADDIE) dan (3) Untuk mengetahui kelayakan video pembelajaran menulis teks cerpen untuk siswa kelas XI SMA Tahfizd Asy Syadzili Pakis Malang. Penelitian dan pengembangan ini mengacu pada 10 tahapan Boll and Gall yang disederhanakan menjadi lima yaitu penelitian dan pengumpulan informasi, pengembangan produk, uji validasi, revisi, dan uji coba produk dengan penerapan penelitian menggunakan model ADDIE yaitu analizy, desain, development, implemetsn, evaluastion. Data diperoleh dari hasil wawancara guru, serta pembagian angket pada siswa, validasi produk dan uji coba terbatas siswa. Data hasil dari wawancara guru Bahasa indonesia dianalisis, diambil hal-hal yang penting, dan menarik kesimpulan secara umum. Sedangkan analisis angket, validasi produk, dan uji coba terbatas siswa meliputi hal-hal berikut; penilaian menggunakan skala linker, tabulasi semua data yang diperoleh pada setiap aspek, menghitung skor rata-rata pada setiap aspek, dan mengubah skor rata-rata menjadi kategori. Hasil penelitiannya, Pertama berdasarkan analisis kebutuhan dan karakteristik siswa yaitu minat siswa dalam menulis cerpen terbilang rendah, salah satu penyebabnya adalah karena keterbatasan media pembelajaran, terbatasnya waktu untuk pembelajaran umum dan siswa sangat membutuhkan media alternatif untuk mendukung kegiatan pembelajarannya. Kedua pengembangan produk, produk yang dikembangkan yaitu video Pembelajaran Menulis Teks Cerpen Siswa Kelas XI SMA Tahfizd Asy Syadzili Pakis Malang, video pembelajaran ini diedit dengan menggunakan aplikasi dasar Filmora x dinilai sangat mudah dipergunakan oleh guru dan siswa. Ketiga yaitu Kelayakan produk, video pembelajaran ini dinilai layak untuk digunakan sebagai media pendukung pembelajaran di SMA Tahfizd Asy Syadzili Pakis Malang berdasarkan aspek materi/isi dengan nominal rata-rata 4,67 atau persentase 84% (sangat baik), aspek media 3,67 persentase 70% (baik), aspek rancangan pembelajaran 3,50 persentase 68% (baik), dan aspek kebahasaan 3,67 persentase 70% atau katageri (baik). skor tersebut diakumulasikan dan menghasilkan skor rata-rata sebesar 3,87 dengan kategtori “baik” dan persentase 80%. Jadi media Video Pembelajaran Menulis Teks Cerpen Siswa Kelas XI SMA Tahfizd Asy Syadzili Pakis Malang sangat layak digunakan.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectVideo Pembelajaranen_US
dc.subjectTeks Cerpenen_US
dc.titlePengembangan Video Pembelajaran Menulis Teks Cerpen Siswa Kelas XI SMA Tahfizd Asy Syadzili Pakis Malangen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record