Pengaruh Penggunaan Strategi Sosial dan Afeksi Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas IX MTs Darul Huda Blitar
Abstract
Pendidikan setelah pandemi covid-19 memiliki banyak perubahan terutama dalam mempengaruhi dinamisasi dalam kehidupan manusia. Dinamisasi pendidikan juga diiringi dengan perkembangan pembelajaran bahasa. Pembelajaran ketika pandemi covid-19 berfokus secara daring sehingga menyebabkan siswa kurang mendalami berbagai aspek pembelajaran Bahasa terutama pada keterampilan berbicara siswa.
Rumusan masalah yang dicapai dalam penelitian ini yaitu (1) pengaruh penggunaan strategi sosial terhadap penguasaan keterampilan berbicara siswa kelas IX MTs Darul Huda Blitar, (2) pengaruh penggunaan strategi afeksi terhadap penguasaan keterampilan berbicara siswa kelas IX MTs Darul Huda Blitar, dan (3) pengaruh penggunaan strategi sosial dan afeksi terhadap penguasaan keterampilan berbicara siswa kelas IX MTs Darul Huda Blitar. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah ex post facto dengan pendekatan kuantitaif eksplanatif. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IX MTs Darul Huda Blitar dengan jumlah sampel penelitian yakni seluruh siswa kelas IX A dan B yang berjumlah 53 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket dan tes. Analisis data yang digunakan yaitu regresi linier berganda.
Hasil penelitian ini diperoleh uji two-way Anova dapat diketahui, jika n sig.(2-tailed) < 0,05 maka hipotesis terbukti artinya H0 ditolak dan H1 diterima. Hasil Penelitian ini diperoleh pengaruh penggunaan strategi sosial terhadap penguasaan keterampilan berbicara Siswa Kelas IX MTS Darul Huda Blitar yaitu positif dan signifikan, dengan tingkat signifikansi yaitu sebesar sebesar 0.042 < 0.05. Selanjutnya yaitu pengaruh penggunaan strategi afeksi terhadap penguasaan keterampilan berbicara siswa yaitu positif dan signifikan, dengan signifikansi sebesar 0.045<0.05. Kemudian pengaruh penggunaan strategi sosial dan afeksi terhadap penguasaan keterampilan berbicara siswa secara simultan mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan dengan tingkat signifikansi sebesar 0.001. Hasil tersebut menandakan bahwa pengaruh penggunaan strategi sosial dan afeksi terhadap penguasaan keterampilan berbicara siswa kelas IX MTs Darul Huda Blitar secara parsial dan simultan positif dan signifikan. Artinya, semakin siswa menggunakan strategi belajar sosial dan afeksi, maka semakin meningkatkan penguasaan keterampilan berbicara. Adapun saran pasca penelitian ini diperlukan penelitian lebih lanjut khususnya dalam meningkatkan keterampilan belajar siswa menggunakan strategi belajar lain yang lebih veriatif.