dc.description.abstract | Pembelajaran bahasa Indonesia menjadi suatu bentuk kegiatan belajar mengajar yang memiliki tujuan untuk mengembangkan berbagai keterampilan berkomunikasi baik berupa tulis maupun lisan. Hal tersebut menyebabkan adanya berbagai macam bentuk karya siswa dalam mengembangkan keterampilannya dalam hal menulis. Keterampilan menulis terdengar mudah, namun jika kita membuat suatu karya tulis memang sangatlah tidak mudah bagi pemula. Alasan peneliti memilih fokus penelitian berupa peningkatan proses dan hasil keterampilan menulis teks siswa, yaitu karena karya tulis sering dianggap remeh oleh siswa sehingga banyak siswa yang menyepelekan sebuah karya tulis. Penelitian ini guna memperbarui kajian mengenai peningkatan keterampilan menulis teks dengan menggunakan suatu teknik dalam pembelajaran.
Terdapat dua cakupan aspek yang menjadi fokus penelitian tentang keterampilan menulis siswa dengan menggunakan teknik pembelajaran, yaitu (1) Peningkatan proses keterampilan menulis teks iklan menggunakan teknik pemodelan siswa kelas VIII SMPN 1 Grati, (2) Peningkatan hasil keterampilan menulis teks iklan menggunakan teknik pemodelan siswa kelas VIII SMPN 1 Grati. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara detail mengenai proses dan hasil peningkatan keterampilan menulis teks iklan siswa dengan menggunakan teknik pemodelan
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (classroom action research), yang dimaksud untuk memberikan informasi proses tindak yang tepat untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Bentuk deskripsi dalam penelitian ini berupa data yang telah diambil dari lembar kerja siswa dengan menggunakan teknik pemodelan sehingga menunjukkan adanya proses peningkatan hasil dari pembelajaran siswa. Proses pengumpulan data pada penelitian ini yaitu menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi monitoring kelas, dokumen lembar kerja siswa, dan wawancara teks terstruktur. Selain itu, dokumentasi berupa gambar pelaksanaan penelitian disertakan sebagai bentuk instrumen agar data yang terlihat lebih akurat.
Hasil penelitian dari dua aspek yang menjadi fokus penelitian ini, yaitu (1) Peningkatan proses keterampilan menulis teks iklan menggunakan teknik pemodelan siswa kelas VIII SMPN 1 Grati, dari fokus penelitian tersebut menunjukkan adanya proses peningkatan aktivitas siswa yang sangat baik dalam melakukan proses pembelajaran. Hasil penelitian fokus kedua, yaitu (2) Peningkatan hasil keterampilan menulis teks iklan menggunakan teknik pemodelan siswa kelas VIII SMPN 1 Grati, dari fokus penelitian tersebut menunjukkan adanya hasil peningkatan nilai belajar siswa.
Simpulan dari hasil penelitian yaitu adanya peningkatan proses yang sangat baik dari siswa terhadap pembelajaran menulis teks iklan dengan menggunakan teknik pemodelan. Kemudian, terdapat peningkatan hasil nilai belajar siswa yang mulanya kurang menjadi baik dan yang mulanya baik menjadi sangat baik, dengan mengalami peningkatan 100%.
Kata Kunci: Keterampilan Menulis, Teks Iklan, Teknik Pemodelan | en_US |