Show simple item record

dc.contributor.authorMawarni, Dewi
dc.date.accessioned2022-09-19T01:39:23Z
dc.date.available2022-09-19T01:39:23Z
dc.date.issued2022-06-18
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/5265
dc.description.abstractPenelitian ini di latar belakangi oleh banyaknya siswa yang masih sering melakukan tindak kecurangan dalam kegiatan belajar mengajar. Juga menjalaskan mengenai pentingnya penanaman sikap jujur dalam setiap diri siswa. Oleh sebab itu seorang guru harus memiliki upaya atau suatu cara untuk mengantisispasi tindak kecurangan yang di lakukan oleh siswanya. Karena dalam segi agama sikap tersebut termasuk ke dalam golongan sikap yang tidak baik. Untuk itulah Mts An-Nur Bululawang perlu menanamkan sikap jujur kepada masing-masing siswanya, mengenal latar belakang dari madrasah yang berada di lingkungan Pondok pesantren dan juga hampir seluruh siswanya merupakan seorang santri. Dengan menenamkan dan memperbaiki sikap kejujuran sejak kini, sama halnya dengan kita memperbaiki kejujuran bangsa di masa yang akan datang. Tujuan dari penelitian ini yakni: (1).Untuk mengetahui penanaman sikap jujur siswa pada mata pelajaran akidah akhlak di Mts An-Nur Bululawang, (2) untuk mengetahui implementasi nilai-nilai kejujuran siswa pada mata pelajaran akidah akhlak di Mts An-Nur Bululawang. (3) Untuk mengatahui faktor penghambat dalam penanaman sikap jujur siswa pada mata pelajaran akidah akhlak di Mts An-Nur Bululawang Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, untuk teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisa data dalam penelitian ini menggunakan empat tahap yaitu kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi.. Pengecekan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan tiga kriteria yakni, triangulasi sumber, triangulasi teknik, triangulasi waktu. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Bentuk penanaman sikap jujur pada siswa Mts An-Nur Bululawang yaitu: Menyampaikan sesuatu sesuai dengan keadaan yang sebenarnya Tidak berbohong, Tidak memanipulasi informasi, berani mengakui kesalahan.(2) Dalam pengimplentasian sikap jujur kepada siswa melalui mata pelajaran akidah akhlak guru Pendidikan Agama Islam menggunakan beberapa cara yakini: Melalui Keteladanan, Kegiatan dalam kelas, Program kejujuran, Pembiasaan. (3) Faktor penghambat penanaman sikap jujur jujur pada mata pelajaran aqidah akhlak di MTS An-Nur Bululawang yakni: pertama, faktor internal diri guru sendiri, dan kedua, faktor eksternal yang muncul dari luar seperti keluarga, lingkungan social masyarakat dan teman sebaya. Kata Kunci: Upaya, Sikap Jujur, Akidah Akhlaken_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectPendidikan Agama Islamen_US
dc.subjectUpayaen_US
dc.subjectSikap Jujuren_US
dc.subjectAkidah Akhlaken_US
dc.titleUpaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menenamkan Sikap Jujur Peserta Didik pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MTs An-Nur Bululawangen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record