dc.description.abstract | Pendidikan karakter merupakan usaha penanaman nilai-nilai karakter kepada peserta didik yang meliputi komponen pengetahuan, kesadaran atau kemauan dan tindakan untuk melaksanakan nilai-nilai pendidikan karakter.
Perencanaan pendidikan karakter cinta tanah air di SMA Islam Nusantara dilandaskan kepada tiga hal penting yakni berdasarkan himbauan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dan didasarkan pada keresahan pendidik melihat fenomena menurunnya kesadaran peserta didik dalam mempelajari pendidikan karakter. Perencanaan pendidikan karakter cinta tanah air dilakukan melalui kolaborasi pada setiap mata pelajaran agar memuat materi pendidikan karakter yang sesuai dengan keadaan nyata di sekitar peserta didik. Pelaksanaan pendidikan karakter tidak terbatas ruang dan waktu. Pembelajaran mengenai materi jujur sebagai bagian dari pendidkan karakter juga tidak hanya disampaikan melalui pelajaran Pendidikan Agama Islam melainkan sudah berkolaborasi dengan mata pelajaran lainnya dengan tujuan siswa dapat lebih memahami makna kejujuran dan dapat mengimplementasikannya. Evaluasi yang dilakukan tidak terbatas pada evaluasi guru kepada murid melainkan juga dari murid ke guru.
Tujuan penelitian ini adalah merencanakan, melaksanakan, serta menghasilkan karakter pendidikan cinta tanah air. Untuk mencapai tujuan tersebut penelitian dilakukan dengan jenis penelitian kulitatif. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, yaitu pegamatan yang merupakan aktivitas penelitian fenomena yang dilakukan secara sistematis, metode wawancara yang merupakan metode pengumpulan data dengan menggunakan jalan tanya jawab secara lisan dengan sumber penelitian, dan metode dokumentasi yaitu mencai data mengenai hal-hal atau variable yang berupa catatan-catatan, transkrip, buku, surat kabar, makalah, laporan-laporan, agenda dan sebagainya.
Berdasarkan usaha-usaha peneliti, didapatkan hasil temuan penelitian bahwasanya, penulis dapat menyimpulkan bahwa perencanaan pendidikan karakter cinta tanah air tidak hanya termuat dalam mata pelajaran yang relevan namun pendidik berupaya untuk berkolaborasi dengan mata pelajaran lainnya. Pentingya pendidikan karakter cinta tanah air untuk peserta didik di jenjang sekolah menengah atas menjadi sorotan penting yang perlu diperhatikan oleh pendidik.
Kata Kunci: Implementasi, Pendidikan Karakter, Cinta Tanah Air | en_US |