Show simple item record

dc.contributor.authorShabrina, Naufalita
dc.date.accessioned2022-09-19T02:08:30Z
dc.date.available2022-09-19T02:08:30Z
dc.date.issued2022-08-05
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/5300
dc.description.abstractPendidikan merupakan kunci utama bagi suatu negara. Pendidikan dianggap penting karena dapat mewujudkan kesejahteraan dan membangun karakter setiap individu. Maka,untuk mewujudkan suatu pendidikan yang baik, pemerintah mengupayakan berbagai hal agar kualitas pendidikan semakin maju. Salah satunya pemberlakuan kurikulum 2013. Berdasarkan latar belakang penelitan,maka peneliti merumuskan masalah yaitu : 1) Perencanaan pembelajaran terpadu di MI Wahid Hasyim 02 Dau,Malang 2) Pelaksanaan pembelajaran terpadu dalam membentuk kreatifitas siswa di MI Wahid Hasyim 02 Dau,Malang 3) Kendala Implementasi Pembelajaran Terpadu di MI Wahid Hasyim 02 Dau,Malang. Sebagaimana tujuan dari penelitian ini adalah : 1) Untuk mendeskripsikan Perencanaan pembelajaran terpadu di MI Wahid Hasyim 02 Dau,Malang 2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran terpadu di MI Wahid Hasyim 02 Dau,Malang 3) Untuk mendeskripsikan kendala pembelajaran terpadu di MI Wahid Hasyim 02 Dau,Malang Pendekatan yang digunakan oleh penulis dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus. Dalam hal ini, peneliti terjun langsung ke lapangan guna mengumpulkan data. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk mendapatkan data yang akurat dalam menyusun skripsi ini antara lain : wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis yang digunakan adalah pengumpulan data,dan reduksi data.Adapun dalam penelitian ini,sumber data yang digunakan merupakan sumber data primer dan sekunder. 1) Data primer diperoleh dari data observasi dan wawancara yang dilakukan secara langsung di MI Wahid Hasyim 02 Dau,Kabupaten Malang. 2) Data sekunder, data ini diperoleh dengan dokumentasi yang berupa dokumen-dokumen dari sekolah yang berhubungan dengan penelitian ini,seperti halnya profil sekolah,silabus,RPP dan lain-lainnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan pembelajaran terpadu di MI Wahid Hasyim 02 Dau Malang yaitu dengan menyusun RPP dan silabus yang sudah dibuat yang tujuannya adalah agar nantinya saat proses pembelajaran,pembelajaran menjadi lebih efektif dan efisien. Implementasi pembelajaran terpadu sudah berjalan dengan baik akan tetapi, semua dikembalikan kepada siswa bagaimana cara siswa menerima dan memahami dengan baik pembelajaran yang sudah disampaikan. Dalam penerapan pembelajaran terpadu,peserta didik memiliki kreativitas dan kemajuan sedikit demi sedikit meskipun masih ada yang belum dapat memahami apa yang disampaikan oleh gurunya.Kendala implementasi pembelajaran terpadu terletak pada jam pelajaran yang sangat terbatas,dan bahan ajar yang terlalu banyak Kurangnya media yang relevan dengan materi yang akan disampaikan juga sarana prasarana yang kurang lengkap dan memadai. Berdasarkan penemuan diatas dapat disimpulkan bahwa perencanaan pembelajaran terpadu adalah dengan menyusun RPP dan silabus. Pelaksanaan pembelajaran terpadu dapat meningkatkan kreativitas dan minat peserta didik dengan menggunakan metode dan model pembelajaran yang sesuai. Kata Kunci : Implementasi, Belajar, Pembelajaran Terpaduen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectPendidikan Agama Islamen_US
dc.subjectPendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyahen_US
dc.subjectImplementasien_US
dc.subjectBelajaren_US
dc.subjectPembelajaran Terpaduen_US
dc.titleImplementasi Pembelajaran Terpadu di MI Wahid Hasyim 02 Dau, Kabupaten Malangen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record