Show simple item record

dc.contributor.authorJannah, Rifqotul
dc.date.accessioned2022-09-19T02:08:44Z
dc.date.available2022-09-19T02:08:44Z
dc.date.issued2022-08-05
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/5302
dc.description.abstractPerkembangan teknologi dalam dunia digital pada era globalisasi saat ini sangat dibutuhkan oleh beberapa kalangan, salah satunya dalam dunia pendidikan. Penggabungan teknologi pada dunia pendidikan menjadikan salah satu model pembelajaran yang diterapkan dalam pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang menjadi jalan alternative adalah TPACK. Penerapan TPACK dalam mengintegrasikan antara pembelajaran dengan teknologi menjadikan media bagi guru dalam proses pembelajaran. TPACK adalah kerangka teoritis dalam menerapkan model pembelajaran. Revolusi Information and Communication Technology (ICT) memiliki dampak luas bagi kehidupan manusia. Sehingga manusia terlahir dengan adanya dunia globalisasi. Oleh sebab itu guru harus mampu menerapakan penggunaan ICT dalam proses belajar mengajar. Sehingga guru mampu mengkolaborasikan antara Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) dengan Information and Communication Technology (ICT) pada proses pembelajaran. Artinya pada penggunaan ICT tidak hanya dilakukan secara offline, akan tetapi dapat juga dilakukan secara online dengan mengakses sebuah E-mail, WEB, dan lain sebagainya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) guru Madrasah Ibtidaiyah, mengetahui pengaruh Integration Information and Communication Technology (ICT) In Education guru Madratsah Ibtidaiyah, dan untuk mengetahui pengaruh kompetensi Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) terhadap Integration Information and Communication Technology In Education pada guru di Madratsah Ibtidaiyah. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survey. Variabel dalam penelitian ini meliputi kompetensi Technological Pedagogical and Content Knowledge (variabel independen) dan Integration Information and Communication Technology (ICT) In Education (variabel dependen). Sampel pada penelitian ini adalah 35 guru di dua sekolah. peneliti mengambil data dengan menggunakan dua angket pada setiap variabel. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis regresi linier sederhana yang bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh kompetensi Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) atau tidak pengaruh terhadap Integration Information and Communication Technology (ICT) In Education pada guru. Semua perhitungan pada penelitian ini menggunakan SPSS versi 25. Berdasakan hasil teknik analisis regresi linierr sederhana diperoleh nilai signifikansi (Sig.) 0,002 < probabilitas 0,05 (5%). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapt pengaruh variabel Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) terhadap variabel Integration Information and Communication Technology (ICT) In Education. Peneliti menyarankan, guru dapat mengmengembangkan kompetensi TPACK pada kecanggihan teknologi yang berkembang di era 5.0 saat ini. Sehingga para guru mampu mengetahui pola pembelajaran yang bebasis digital. Dan bagi para peneliti selanjutnya dapat dijadikan bahan acuan yang lebih sehingga dapat mengembangkan peneliti lain dalam mencari referensi dengan variabel yang berbeda. Kata Kunci: TPACK, ICT, Pendidikanen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectPendidikan Agama Islamen_US
dc.subjectPendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyahen_US
dc.subjectTPACKen_US
dc.subjectICTen_US
dc.subjectPendidikanen_US
dc.titlePengaruh Kompetensi Technologucal Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) terhadap Integration Information and Communication Technology (ICT) In Education pada Guru di Madratsah Ibtidaiyahen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record