Show simple item record

dc.contributor.authorAbsa, Nur Choiroyyaroh
dc.date.accessioned2022-09-19T02:10:57Z
dc.date.available2022-09-19T02:10:57Z
dc.date.issued2022-08-05
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/5304
dc.description.abstractDunia pendidikan saat ini, tenaga pendidik telah mempunyai peran penting dan sangat berpengaruh dalam membina akhlak siswanya, guna mewujudkan siswa yang tumbuh dan berkembang menjadi insan kamil yang berkualitas yang bertaqwa kepada Allah SWT. Berdasarkan observasi peneliti menunjukkan bahwa peran guru dalam membina akhlak siswa khususnya kelas IV SDI Al-Ma’arif 01 Singosari terlaksana melalui pembiasaan-pembiasaan baik yang dimulai dari guru yang memberikan contoh atau teladan baik kepada siswanya seperti mengajak siswa berdo’a sebelum belajar. Guru memandu setiap pembiasaan secara berulang-ulang sehingga pembiasaan baik menjadi kebiasan dan tabiat yang spontan untuk dilakukan. Dalam membina akhlak tentu tidak selalu berjalan dengan lancar dengan beberapa faktor guna mendukung keberhasilan pembinaan namun ada faktor penghambat yang menjadi keterbatasan dalam membina akhlak siswa. Dari pemaparan diatas maka peneliti memfokuskan penelitian yakni, tentang peran guru dalam membina akhlak siswa khususnya kelas IV, dan faktor-faktor yang mendukung keberhasilan pelaksanaan binaan akhlak dan faktor penghambat yang menjadi kendala binaan akhlak. Tujuan peneliti melakukan penelitian ini yaitu untuk: 1) Mendeskripsikan peran guru dalam membina akhlak siswa kelas IV SDI Al-Ma’arif 01 Singosari. 2) Mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat yang dialami guru dalam membina akhlak siswa kelas IV SDI Al-Ma’arif 01 Singosari. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif dengan menggunakan metode pengumpulan data yang digunakan ialah observasi yaitu pengamatan merupakan aktivitas penelitian terhadap fenomena yang dilakukan secara sistematis, metode wawancara merupakan metode pengumpulan data menggunakan kegiatan tanya jawab secara lisan dengan sumber penelitian, dan metode dokumentasi yaitu menyelidiki benda-benda yang tertulis seperti buku-buku, notulen atau catatan harian dan sebagainya. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) Peran guru dalam membina akhlak siswa khususnya kelas IV SDI Al-Ma’arif 01 Singosari diantaranya memberikan bimbingan akhlak, menanamkan akhlak melalui pembiasaan, sebagai model dan teladan, sebagai penasehat, dan sebagai motivator. 2) Faktor pendukung dan penghambat dalam membina akhlak siswa kelas IV SDI Al-Ma’arif 01 Singosari, faktor pendukungnya yaitu fasilitas sebagai penunjang, dan adanya kesadaran, kemauan dan dukungan dari orangtua. Faktor penghambatnya yaitu kurang kerjasama dari orangtua dan lingkungan siswa yang berbeda-beda. Solusi dalam mengatasi faktor penghambatnya yaitu menjaga komunikasi dengan orangtua dan memberikan dukungan dan motivasi kepada siswa sedangkan keberhasilan guru dalam membina akhlak siswa khususnya kelas IV terlihat dari disiplinnya siswa dalam melaksanakan pembiasaan yang dilakukan disekolah dan taatnya siswa pada peraturan sekolah. Hal yang perlu diperhatikan sebagai saran-saran yaitu tentang bagaimana langkah kedepan untuk siswa khususnya kelas IV SDI Al-Ma’arif 01 Singosari untuk dapat meningkatkan peran guru dalam membina akhlak siswa dengan cara dan strategi yang lebih baik lagi serta selalu memberikan motivasi dan dukungan positif kepada siswa tanpa ada rasa bosan dan lelah. Kata kunci : Peran Guru, Membina Akhlak, Siswa kelas IV SDIen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectPendidikan Agama Islamen_US
dc.subjectPendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyahen_US
dc.subjectPeran Guruen_US
dc.subjectMembina Akhlaken_US
dc.subjectSiswa kelas IV SDIen_US
dc.titlePeran Guru dalam Membina Akhlak Siswa Kelas IV SDI Al-Ma’arif 01 Singosarien_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record