dc.description.abstract | Kegiatan belajar mengajar merupakan aktivitas yang dilakukan dalam dunia pendidikan. Sebagai seorang guru tentunya mempunyai kewajiban dalam mengatur lingkungan belajar, dengan upaya dapat mencapai tujuan belajar yang diinginkan. Banyak faktor yang mempengaruhi kegiatan belajar diantaranya adalah media pembelajaran. Penggunaan media pembelajaran dapat memperjelas penyampaian materi, salah satunya adalah media pembelajaran berbasis video. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mendeskripsikan hasil belajar pada mata pelajaran pendidikan agama islam di SMA Negeri 1 Malang, serta (2) mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran terhadap hasil belajar pada mata pelajaran pendidikan agama islam di SMA Negeri 1 Malang.
Pendekatan yang digunakan oleh peneliti yaitu pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen dengan bentuk Posttest Only Control Group Design. Bentuk ini memberikan perlakuan yang berbeda pada dua kelas yaitu kelas kontrol dan eksperimen. Sampel penelitian ini adalah Kelas X MIPA 2 dengan jumlah 20 siswa sebagai kelas kontrol dan X MIPA 4 dengan jumlah 20 siswa sebagai kelas eksperimen. Pada kelas kontrol dan eksperiman akan diberikan perlakuan yang berbeda. Kelas kontrol tidak diberikan perlakuan sedangkan kelas eksperimen akan diberikan perlakuan berupa media pembelajaran. Instrumen yang digunakan berbentuk tes yaitu Postest. Teknik analisis data menggunakan metode statistik Paired Sample T-Test untuk mengetahui adanya pengaruh penggunaan video pembelajaran.
Hasil dari penelitian yang dilakukan menunjukkan ada pengaruh dan perbedaan yangsignifikan dari penggunaan media pembelajaran terhadap hasil belajar padamata pelajaran Pendidikan Agama Islam yang ditunjukkan dengan (1) hasil belajar siswa kelas kontrol dan eksperimen setelah diberikan perlakuan yang berbeda ada perbedaan yang signifikan, yaitu kelas kontrol adalah 78, 6dan kelas eksperimen 91,3. Nilai tersebut memiliki selisih point 12,7. (2) ditunjukkan dari hasil pengujian hipotesis menggunakan Paired Sample T-Test dengan nilai signifikansi (2-tailed) 0,00 < 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima, serta meningkatnya hasil belajar siswa yang telah menerapkan media pembelajaran pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Malang.
Kata Kunci : Media Pembelajaran, Hasil Belajar, Pendidikan Agama Islam. | en_US |