Show simple item record

dc.contributor.authorMuzahim, Ahmad
dc.date.accessioned2022-09-19T02:13:32Z
dc.date.available2022-09-19T02:13:32Z
dc.date.issued2022-07-24
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/5310
dc.description.abstractPeran guru akidah akhlak merupakan komponen yang penting dalam membentuk nilai-nilai toleransi siswa. Guru akidah akhlak dalam membentuk nilai-nilai toleransi siswa melalui kegiatan belajar mengajar di kelas. Melihat fenomena pada zaman sekarang banyak terjadi kasus perselisihan antar siswa seperti tawuran, melihat hal tersebut nilai-nilai toleransi sangat dibutuhkan untuk meminimalisir terjadinya perselisihan antar siswa. pada MA An-Nur Bululawang nilai-nilai toleransi diterapkan sangat baik seperti mengahrgai sesama teman dan guru, sehubungan dengan hal tersebut penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana peran guru akidah akhlak dalam membentuk nilai-nilai toleransi. Tujuan dari penelitian ini untuk: (1) mengidentifikasi penerapan nilai-nilai toleransi siswa di MA An-nur Bululawang, (2) mendeskripsikan peran guru akidah akhlak dalam membentuk nilai-nilai toleransi siswa di MA An-nur Bululawang, (3) mengidentifikasi hambatan dan dukungan dalam membentuk nilai-nilai toleransi siswa di MA An-nur Bululawang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penerapan nilai-nilai toleransi siswa di MA An-nur Bululawang yaitu dengan saling menghargai dan membantu sesama siswa maupun guru, saling menyapa dan bersalaman sesama siswa maupun guru, mendengarkan penjelasan guru dengan baik, mengerjakan tugas yang diberikan guru, tidak mengolok-olok sesama teman (2) peran guru Akidah Akhlak dalam Membentuk nilai-nilai Toleransi siswa di MA An-Nur Bululawang yaitu guru sebagai pembimbing yang bertugas memberikan materi nilai-nilai toleransi, guru sebagai pendamping yang bertugas memberikan pengawasan dan pengarahan terhadap siswa, guru sebagai inspirator bertugas memberikan contoh langsung terhadap siswa mengenai penerapan nilai-nilai toleransi, (3) hambatan dan dukungan dalam membentuk nilai-nilai toleransi siswa di MA An-Nur Bululawang memiliki dua faktor hambatan yaitu faktor internal dari dalam diri siswa dan faktor eksternal yaitu lingkungan kaluarga dan lingkungan masyarakat siswa, adapun dukungan yang didapat yaitu dari pihak madrasah dan pondok pesantren serta siswa itu sendiri. Kata Kunci: Peran Guru Akidah Akhlak, Nilai-nilai Toleransi Siswaen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectPendidikan Agama Islamen_US
dc.subjectPeran Guru Akidah Akhlaken_US
dc.subjectNilai-nilai Toleransi Siswaen_US
dc.titlePeran Guru Akidah Akhlak dalam Membentuk Nilai- nilai Toleransi Siswa di MA An-Nur Bululawangen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record