Pengaruh Inflasi Dan Corporate Social Responsibility (Csr) Terhadap Return Saham Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Intervening Pada Sektor Pertambangan Yang Listed Di Bursa Efek Indonesia
Abstract
Sektor pertambangan (Mining index) merupakan indeks yang tersusun dari berbagai saham emiten sektor pertambangan yang tercatat di Bursa Efek Indonesia. Ketergantungan Indonesia terhadap sektor pertambangan sebagai penyokong perokonomian tercermin pada banyaknya kontribusi sektor pertambangan pada pendapatan Negara. Faktor-faktor yang mempengaruhi return saham adalah faktor makro ekonomi dan faktor fundamental. Faktor makro ekonomi berasal dari permasalahan ekonomi secara luas salah satunya inflasi. Faktor fundamental ini bisa dilihat dari laporan keuangan, dan dari laporan keuangan emiten bisa dilihat tingkat kinerja keuangannya baik dari segi kemampuan menghasilkan keuntungan (profitabilitas). Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh inflasi dan tanggung jawab sosial perusahaan terhadap return saham dengan profitabilitas sebagai variabel intervening pada sektor pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Populasi penelitian ini adalah 47 perusahaan sektor pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling yang memiliki kriteria tertentu dalam pengambilan sampel yang memiliki laporan keuangan tahunan 2019-2021, sehingga diperoleh 141 perusahaan. Metode penelitian ini menggunakan analisis Structural Equation Modeling (SEM) berdasarkan varians, yaitu Partial Least Square (PLS). SEM dengan PLS berbasis varians sehingga dapat menangani dua kondisi yaitu kondisi dengan faktor yang belum ditentukan dan kondisi dimana solusi tidak dapat diterima. Analisis yang digunakan meliputi pengujian analisis deskriptif, validitas konvergen, validitas diskriminan, realibilitas konstruk, R-square, dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, variabel yang berpengaruh signifikan terhadap return saham adalah variabel profitabilitas dan variabel tanggung jawab sosial perusahaan (CSR).